Untuk Anda yang belum pernah ke Jogjakarta bagian selatan, Jogjakarta bagian selatan sebenarnya menyimpan banyak obyek-obyek wisata yang memiliki daya tarik luar biasa. Di bagian selatan Jogjakarta yaitu di Kabupaten Gunung Kidul terdapat beberapa obyek wisata yang terkenal seperti Kebun Buah, Taman Bunga, Hutan Pinus, Bukit dan juga obyek-obyek wisata pantai Gunung Kidul yang jumlah banyak. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Jogjakarta, Anda bisa mencoba obyek-obyek wisata ini. Meski berjarak sangat jauh dari Kota Jogjakarta, namun Anda bisa menikmatinya dengan memanfaatkan fasilitas wisata Jogjakarta seperti sewa bus pariwisata Jogja.

Seperti yang diketahui, Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Yogyakarta. Sebagian besar wilayahnya berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Maka dari itu apabila tiba musim kemarau, daerah ini sering mengalami kekeringan. Namun, dibalik kegersangan yang terlihat terdapat pantai-pantai Gunung Kidul yang eksotis dan sensasional yang keindahan selalu dirindukan. Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul seperti Pantai Ngobaran, Pantai Baron, dan lain sebagainya. Pantai-pantai itu sudah terkenal hingga banyak dikunjungi wisatawan. Namun jangan khawatir, karena masih banyak pantai yang tak banyak orang dikunjungi.

Pantai-pantai di Gunung Kidul

Jogjakarta bagian selatan memang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga wajar jika terdapat banyak pantai karena berlokasi di sepanjang pesisir Samudera Hindia. Namun bukan hanya itu, pantai-pantai ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Pasirnya berwarna putih, pemandangan langit biru berpadu dengan air laut yang jernih serta kondisi di sekitar pantai yang membuat pantai ini berbeda antara satu dengan yang lain. Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini pun bermacam-macam seperti bersantai, snorkeling, berfoto dan aktivitas lainnya yang tentu saja mengasyikkan. Berikut ini informasi beberapa pantai di Gunung Kidul yang bisa anda coba.

Wisata Pantai Nguyahan Gunung Kidul, sumber ig @Pantai Nguyahan

Wisata Pantai Nguyahan Gunung Kidul, sumber ig @Pantai Nguyahan

1. Pantai Ngerenehen

Bisa dikatakan bahwa pantai ini sebetulnya merupakan teluk yang diapit oleh dua tebing. Air yang terdapat di pantai ini jernih dan pasirnya berwarna putih khas pantai Gunung Kidul. Di tepi pantai juga terdapat banyak kapal nelayan berwarna biru yang senada dengan warna airnya. Di pantai ini para nelayan menjual ikan dan bisa kamu nikmati sebagai sajian seafood yang segar karena baru mereka tangkap. Pantai ini terdapat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari sekitar 30 km di sebelah selatan Wonosari. Adapun fasilitas pantai yang bisa dinikmati berupa kamar mandi, toilet, musola dan tempat parkir. Tak usah khawatir akan sulitnya akses karena jalan menuju pantai ini sudah diaspal mulus sehingga pastinya nyaman selama perjalanan.

2. Pantai Gesing

Siapa sangka bahwa ada surga kecil yang bahkan belum sepopuler pantai lain di Gunung Kidul? Bahkan masyarakat Gunung Kidul sendiri belum semuanya mengetahui adanya pantai seindah ini. Karena itulah keasriannya masih terjaga dengan baik. Ialah Pantai Gesing yang terletak di Girikarto, Panggang. Seperti pantai Ngerenehan, di pantai ini terdapat banyak perahu nelayan. Namun karena belum banyak pengunjung yang datang, fasilitasnya pun masih belum memadai. Masuknya pun masih gratis. Namun harus berhati-hati untuk sampai ke pantai Gesing ini karena akses jalannya rusak dan sangat tidak direkomendasikan menggunakan kendaraan roda empat. Sebaiknya gunakan sepeda motor saja.

3. Pantai Nguyahan

Pantai ini bisa dibilang masih “perawan” lantaran tak banyak orang yang tau kalau di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari ini terdapat Pantai Nguyahan yang konon, namanya sendiri diambil dari kata “uyah” yang dalam bahasa Jawa berarti garam. Karena dulunya pantai ini merupakan tempat pembuatan garam. Pantai ini masih sangat alami. Bisa ditempuk sekitar 75 km dari kota Yogyakarta. Biaya masuk pantai ini pun hanya 5ribu rupiah. Disana bisa bermain air sambil melihat hewan dan tumbuhan laut yang bahkan berada di bibir pantai. Pasirnya pun putih dan lembut yang bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama disini.

Demikian informasi mengenai beberapa lokasi wisata pantai Gunung Kidul yang patut untuk Anda coba kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat dan menghibur Anda. Simak artikel wisata Jogjakarta khas Rental bus wisata Rafira Jogja lainnya ya. Jagalah selalu lingkungan kita dan selamat menikmati wisata Anda!