Jika Anda ingin mengisi waktu berliburan Anda dengan berwisata di Jogjakarta, Jogjakarta memberikan banyak alternatif pilihan. Ada banyak obyek wisata sekaligus jenis wisata yang ditawarkan. Ada yang hanya sekedar untuk refreshing namun ada juga yang bernilai edukasi. Tidak heran Jogjakarta menjadi destinasi wisata setiap orang.

Beriwisata tentu membutuhkan tenaga dan jasa bus wisata. Maka, tidak lengkap rasanya jika hanya berkeliling mengunjungi obyek-obyek wisata Jogjakarta tanpa menikmati tempat-tempat kuliner ternama disekitarnya. Memang merupakan hal yang biasa jika wisata kuliner menjadi daya tarik tersendiri pada suatu tempat. Berbicara tentang wisata kuliner, Jogja menjadi salah satu destinasi yang kaya akan pilihan kuliner khas-nya. Kota yang satu ini menawarkan beragam pilihan kuliner yang pastinya akan memanjakan lidah Anda. Simak review wisata kuliner di Jogja berikut ini sebagai referensi kuliner dengan berbagai cita rasa.

Pilihan Wisata Kuliner di Jogja

1. Mie ayam Tumini

Sekilas kedai mie ayam Tumini terlihat sama dengan kedai mie ayam lainnya. Namun ketika Anda perhatikan dengan seksama, jangan heran jika kedai yang satu ini banjir oleh pelanggan. Mie ayam yang terletak di sebelah terminal Giwangan ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Menu andalan yang ditawarkan adalah mie ayam ceker dengan bumbu yang begitu menggugah selera.

Mie ayam Tumini menjadi pilihan yang tepat untuk menu makan siang Anda. Porsi yang ditawarkan cukup besar sehingga bisa memuaskan rasa lapar. Namun jika Anda tidak ingin menghabiskan porsi yang terlalu banyak, jangan khawatir. Mie ayam Tumini menyediakan menu mie ayam dengan porsi setengah. Untuk membuktikan kelezatannya, Anda bisa datang antara pukul 10.00 hingga pukul 17.00

2. Soto Bathok Mbah Katro

Soto Mbah Katro menjadi pilihan kuliner yang wajib Anda coba jika mengunjungi Jogja. Disajikan secara unik menggunakan bathok kelapa, soto yang satu ini menawarkan cita rasa yang memuaskan. Tidak heran jika tempat kuliner yang terletak di Jl. Candi Sambisasri No. 6 Purwomartani, Kalasan ini selalu ramai oleh pengunjung tidak hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan asing.

Soto Bathok Mbah Katro, sumber ig jogjaku

Soto Bathok Mbah Katro, sumber ig @jogjaku

Sajian kuliner yang memadukan segarnya kuah bening dengan kenyalnya daging sapi membuat soto bathok ini menjadi menu khas yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika ditambah dengan pelengkap seperti sate usus, tempe goring dan telur puyuh, pastinya Anda ingin kembali untuk kedua kalinya. Nikmati semilir angin tepi sawah di warung soto Mbah Katro yang buka antara pukul 06.00 hingga 16.00.

3. Gudeg Pawon

Review wisata kuliner Jogja tidak lengkap tanpa membahas menu gudeg. Salah satu rekomendasi tempat makan gudeg lezat adalah Gudeg Pawon. Yang membuat unik dari tempat makan ini adalah Anda bisa menyantap hidangan gudeg langsung dari pawon (dapur). Menarik, bukan? Kunjungi rumah makan yang terletak di Jl. Janturan No. 36 Umbulharjo ini antara pukul 22.00 hingga 01.00.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Pecinta pedas wajib untuk mengunjungi tempat kuliner yang satu ini. Dinamakan oseng mercon karena rasa pedasnya yang bisa meledak di dalam mulut Anda. Terbuat dari daging, kikil dan irisan cabe rawit yang menggugah selera, sajian kuliner yang satu ini menjadi menu andalan kota Jogja. Anda bisa mengunjungi oseng mercon Bu Narti di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Yogyakarta.

5. Es Buah PK

Anda ingin sesuatu yang menyegarkan? Es buah PK jawabannya. Warung es buah yang terletak di Jl. Pakuningratan No, 76 Cokrodiningratan, Jetis ini menjadi idola bagi warga Jogja dan wisatawan karena rasanya yang begitu menyegarkan. Campuran nangka, kelapa muda, alpukat, sawo, dan bahan lainnya menjadikan warung Es Buah PK wajib dimasukkan ke dalam daftar review wisata kuliner di Jogja.

Demikian ulasan tentang beberapa lokasi kuliner di Jogjakarta yang patut untuk dicoba. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya di halaman kami mengenai tips berwisata. Selamat berwisata!