Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan Malioboro dan Keraton saja. Mendapat julukan kota pelajar, Jogja juga memiliki destinasi bersejarah bernama wisata Benteng Vredeburg. Letaknya juga berada di pusat kota sehingga mampu menarik banyak wisatawan. 

Benteng Vredeburg juga dikategorikan sebagai salah satu tempat wisata bersejarah yang terletak di Kota Yogyakarta, Indonesia. Benteng ini memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta.

Penasaran apa yang melatarbelakangi didirikannya Benteng Vredeburg? Apa saja daya tarik dan keunikan dari Benteng Vredeburg yang mampu menarik banyak perhatian wisatawan? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Sejarah Benteng Vredeburg

Sejarah Benteng Vredeburg, Sumber: kompas.com
Sejarah Benteng Vredeburg, Sumber: kompas.com

Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng bersejarah yang terletak di Kota Yogyakarta. Benteng ini dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintah kolonial Belanda. Awalnya, Benteng Vredeburg berfungsi sebagai benteng pertahanan Belanda di Yogyakarta.

Nama Vredeburg berasal dari bahasa Belanda, artinya kota perdamaian. Benteng ini dirancang dengan tujuan melindungi wilayah Belanda dari serangan musuh. Dinding benteng terbuat dari batu bata dan semen. Memiliki arsitektur khas dengan 4 bastion di setiap sudutnya.

Sedangkan masa penjajahan Jepang, Benteng Vredeburg digunakan sebagai markas militer Jepang. Setelah Indonesia merdeka, benteng ini diubah menjadi gedung pemerintahan dan menjadi markas militer Tentara Nasional Indonesia. Pada 1987, Benteng Vredeburg diubah menjadi museum sejarah.

Museum ini menampilkan koleksi artefak, foto-foto, dan dokumentasi yang menceritakan tentang sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Pengunjung dapat melihat langsung berbagai koleksi dan mempelajari lebih lanjut tentang peristiwa bersejarah yang terjadi di sekitar benteng ini.

Sebagai salah satu wisata sejarah Jogja, Benteng Vredeburg menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Benteng Vredeburg menjadi saksi dari perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Dengan berkunjung ke Benteng Vredeburg Anda dapat memahami lebih dalam tentang perjalanan sejarah Indonesia yang cukup panjang.

Keunikan dan Daya Tarik Wisata Benteng Vredeburg

Sisi dalam Museum Benteng Vredeburg, Sumber: travelinkmagz.com
Sisi dalam Museum Benteng Vredeburg, Sumber: travelinkmagz.com

Benteng Vredeburg mampu menjadi warisan bersejarah dari Sri Sultan Hamengkubuwono 1 yang memiliki banyak sekali daya tarik dari berbagai keunikannya. Ini dia beberapa alasan mengapa destinasi wisata Benteng Vredeburg tak pernah sepi dari para wisatawan muda. 

1. Pameran yang Diselenggarakan Secara Rutin

Salah satu daya tarik utama dari Benteng Vredeburg adalah pameran rutinnya. Destinasi wisata ini memiliki jadwal pameran yang diadakan secara rutin dengan berbagai tema berbeda. Setiap tema tidak selalu berkaitan dengan sejarah, contohnya pameran bonsai dan keris. 

Panitia penyelenggara juga selalu menata pameran dengan baik serta menyediakan pamflet agar para wisatawan dapat mempelajarinya. Menariknya pameran diadakan secara gratis, jadi para wisatawan dapat dengan bebas berfoto tanpa perlu mengeluarkan biaya. 

2. Diorama Interaktif

Selain pameran rutin, diorama interaktif juga mampu menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi destinasi wisata Benteng Vredeburg. Bukan hanya satu, tempat wisata ini dilengkapi dengan empat ruang diorama berbagai tema berbeda. 

Setiap ruang diorama yang disediakan mampu menjelaskan tentang berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Mulai dari Perang Diponegoro, kejadian awal mula kemerdekaan Indonesia, perjanjian Renville hingga peristiwa orde baru. 

3. Ruangan Penting

Bukan hanya diorama interaktif, Benteng Vredeburg juga memiliki empat ruangan penting yang cukup banyak menarik perhatian para wisatawan. Dalam ruangan ini, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi benda antik seperti dokumen Kementerian Soetomo. 

Bahkan saat berkunjung, Anda juga bisa melihat kendil Jenderal Soedirman, mesin ketik Soerjopranoto, dan berbagai barang bersejarah lainnya yang terdapat di ruang koleksi. Sedangkan ruangan lainnya difungsikan sebagai pengenalan wajah atau studio mini yang memutar berbagai film dan diorama. 

4. Berbagai Game Seru

Selain beberapa hal di atas, daya tarik lainnya yang membuat wisata bersejarah Benteng Vredeburg terlihat lebih unik dan mampu menarik banyak wisatawan adalah hadirnya berbagai game seru. Mulai dari game mencocokkan gambar, game melawan penjajah, dan berbagai game seru lainnya.

Untuk game melawan penjajah hadir dengan berbagai level yang berbeda. Contohnya game melawan tentara hingga pesawat musuh. Sedangkan game mencocokkan gambar hadir dengan tema budaya dan tempat bersejarah. 

Apa Saja Fasilitas Benteng Vredeburg?

Fasilitas di Benteng Vredeburg, Sumber; travelinkmagz.com
Fasilitas di Benteng Vredeburg, Sumber; travelinkmagz.com

Benteng Vredeburg menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap demi menambah kenyamanan para pengunjung. Selain museum, ini dia beberapa fasilitas yang tersedia di dalam Benteng Vredeburg. 

1. Museum

Benteng Vredeburg telah diubah menjadi museum sejarah yang menampilkan koleksi artefak, foto, dan dokumentasi mengenai perjuangan rakyat Indonesia. Pengunjung dapat mempelajari sejarah Indonesia melalui pameran yang ada di dalam museum.

2. Ruang Pameran Sementara

Selain koleksi permanen, benteng ini juga sering mengadakan pameran sementara yang menampilkan seni, budaya, dan sejarah Indonesia. Pameran ini memberikan pengalaman yang berbeda setiap kali mengunjungi benteng.

3. Toko Souvenir

Terdapat toko souvenir di dalam benteng yang menjual berbagai macam barang dan cinderamata unik dan souvenir terkait sejarah dan budaya Indonesia. Pengunjung dapat membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan dari kunjungan mereka di sini.

4. Ruang Pertemuan

Benteng Vredeburg juga memiliki ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk kegiatan seperti seminar, pertemuan, atau acara lainnya. Ruang ini dapat disewa dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Wisata Benteng Vredeburg

Tiket masuk Benteng Vredeburg, Sumber: tstatic.net
Tiket masuk Benteng Vredeburg, Sumber: tstatic.net

Harga tiket masuk destinasi wisata sejarah Benteng Vredeburg berbeda-beda tergantung status pengunjung. Mulai dari wisatawan lokal atau mancanegara maupun usia pengunjung. Berikut adalah perkiraan harga tiket masuknya. 

1. Wisatawan Lokal

  • Dewasa: sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000
  • Anak-anak: sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000

2. Wisatawan Mancanegara

  • Dewasa: sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000
  • Anak-anak: sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000

Harga tiket masuk Benteng Vredeburg dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk memeriksa harga tiket terbaru sebelum mengunjungi Benteng Vredeburg. Selain itu, ada kemungkinan adanya tarif khusus untuk kelompok atau paket wisata tertentu.

Sementara itu, untuk jam operasional wisata sejarah Benteng Vredeburg buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 17.00. Namun, jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu. Disarankan untuk memeriksa jadwal terbaru sebelum mengunjungi benteng ini.

Itu dia beberapa penjelasan singkat seputar destinasi wisata Benteng Vredeburg yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia. Benteng ini merupakan area wisata sejarah yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta.

Sewa bus Jogja adalah pilihan terbaik untuk mengeksplor keunikan wisata Benteng Vredeburg dan berbagai destinasi wisata menarik di sekitarnya. Dengan menggunakan jasa sewa bus ini kegiatan berlibur menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Segera rencanakan liburan Anda sekarang juga!