Yogyakarta adalah salah satu kota dengan destinasi wisata yang sangat beragam. Mulai dari objek wisata pantai Jogja, gunung, candi, dan sebagainya yang sangat memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Jogja menjadi tujuan utama para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan adalah Tebing Watu Mabur.

Destinasi wisata tersebut berada di kawasan Mangunan. Tempat tersebut sangat cocok untuk spot foto dengan pemandangan yang luar biasa. Tempat wisata tersebut mempunyai pemandangan yang sangat eksotis, baik dari budaya hingga lingkunganya. Sehingga tidak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi kota Jogja dan sekitarnya.

Lokasi dan Rute Menuju Tebing Watu Mabur

Spot wisata ini berada di Kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan ini memang terkenal dengan sederetan spot wisata instagenik di Jogja seperti spot hutan pinus, Bukit Panguk Kediwung, Kebun Buah Mangunan, rumah hobbit dan lain-lain. Sehingga lokasi ini diketahui oleh banyak orang terutama warga setempat.

Spot Foto di Tebing Watu Mabur , sumber ig bocahmlaku
Spot Foto di Tebing Watu Mabur , sumber ig @bocahmlaku

Untuk menuju Spot wisata ini dari Kota Jogja melalui arah selatan tepatnya Jalan Imogiri Timur. Kemudian saat masuk jalan ini diteruskan hingga pertigaan Kantor Kecamatan Imogiri. Kemudian menuju ke arah timur dan dilanjutkan ke arah Mangunan. Perjalanan akan menanjak hingga bertemu pertigaan dan tanda. Ambil ke arah menuju Tebing Watu Mabur.

Dari Kota Jogja, jarak tempuh menuju spot wisata ini sekitar 24 km dalam waktu kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Disarankan menggunakan kendaraan roda empat karena lebih efisien dan nyaman dengan jarak dan waktu tempuh. Tidak disarankan menggunakan motor roda dua karena tanjakan yang cukup tinggi dan jarak yang jauh.

Fasilitas

Pada spot wisata ini, Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas saat menikmati wisata di lokasi. Selain fasilitas berupa spot foto yang akan dirinci setelah ini, berikut ini beberapa fasilitas yang ada di lokasi :

  • Camping Ground
  • Tempat Makan
  • Papan Informasi
  • Mushola
  • Toilet/Kamar Mandi

Spot Foto Tebing Watu Mabur

Destinasi wisata Tebing Watu Mabur menyuguhkan berbagai pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai spot foto Anda. Terdapat deretan pegunungan seribu yang berada di wilayah gunung Kidul. Selain itu, terdapat juga terasering berupa pesawahan yang membentang indah. Kawasan wisata tersebut memang masih asri dan alami, sehingga membuat setiap merasa nyaman.

Spot Foto di Tebing Watu Mabur, sumber ig wonderful.jateng
Spot Foto di Tebing Watu Mabur, sumber ig @wonderful.jateng

Kawasan Mangunan mempunyai potensi wisata yang tinggi, sehingga harus dijaga dan dikembangkan dengan baik. Selain wisata Tebing Watu Mabur, terdapat juga destinasi lainya yang dekat dengan tempat tersebut. Sehingga Anda dapat mengunjungi berbagai objek wisata tanpa harus pergi jauh lagi. Selain dijadikan sebagai spot foto, kawasan wisata tersebut juga sering dijadikan sebagai tempat untuk perkemahan.

Area perkemahan tersebut mempunyai banyak spot untuk berkemah. Pengunjung dapat mencoba berbagai spot yang sedang ngehits disana. Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan dan pohon yang menjulang tinggi disertai dengan berbagai hewan yang masih unik dan langka. Spot foto di Tebing Watu Mabur yang sangat terkenal adalah sebagai berikut.

1. Jalan Raya

Jlan raya atau sering disebut juga dengan landasan pacu ini menghadap ke jurang dan berada diatas ketinggian. Anda dapat mengambil foto di tempat tersebut dengan background hamparan sawah dibawahnya. Sehingga Anda seperti berada dijalan yang tidak berujung.

2. Area Perkebunan

Selain itu, Anda juga dapat mengambil foto diarea perkebunan dengan berbagai macam tanaman. Bahkan Anda dapat mengambil foto tanaman tersebut dengan berbagai macam angle yang diinginkan.

3. Diatas Batu

Karena Tebing Watu Mabur berada di ketinggian dan pegunungan, sehingga Anda dapat melihat awan dengan sangat dekat dan hamparan alam dari atas yang sangat indah. Anda dapat mengambil foto dengan angle seperti berada diatas awan.

4. Rumah Kayu

Spot foto lainya adalah rumah kayu. Anda dapat berfoto didepan rumah tersebut dengan berabgai gaya dan angle. Di belakang rumah tersebut disuguhkan pemandangan yang indah dan mempesona.

Tebing Watu Mabur, sumber ig yesinthaoctavianti
Rumah Kayu, sumber ig @yesinthaoctavianti

5. Sungai Oya

Selain gunung dan sawah, terdapat juga sungai Oya yang sangat cantik. Anda dapat mengambil foto ditempat tersebut dengan dilengkapi pegunungan hijau dan penorama yang memikat hati setiap orang.

6. Gardu Pandang

Anda dapat juga mengambil foto di gardu pandang dengan pemandangan yang sangat eksotis dan kece. Anda dapat mengambil angle dengan view awan langit.

7. Rumah Pohon

Selain rumah kayu, Anda juga dapat mengambil foto di rumah pohon. Rumah pohon tersebut berada di atas ketinggian dengan view yang sangat indah dan menawan. Anda akan merasakan sensasi foto seperti diatas awan dengan berbagai keindahan yang asri dan alami. Spot foto di Tebing Watu Mabur tersebut sangat rekomended untuk semua pengunjung.

Informasi Tambahan

Jika ingin momen yang pas untuk berkunjung, disarankan pada akhir musim panas sebelum musim hujan. Karena kondisi cuaca yang cerah dan kering sehingga lebih nyaman untuk bermain dan berfoto di lokasi. Selain itu, salah satu yang dinantikan pengunjung adalah menikmati momen sunset dari spot wisata ini.

Itu dia ulasan terkait spot wisata Tebing Watu Mabur di Jogja yang berhasil dirangkum oleh tim Jogja Rafira. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi kecil bagi Anda. Simak terus berbagai informasi seputar berbagai spot wisata di Jogja, tips liburan dan lainnya di halaman ini. Jika terdapat kritik dan saran, sertakan di kolom komentar yang tersedia.