Taman Sungai Mudal, Tirta Budi, Air Terjun Sri Gethuk, Lava Bantal adalah sungai alami yang sangat menarik untuk dijadikan spot wisata di Jogja. Meskipun saat ini lokasi wisata kebanyakan ditutup dan disarankan untuk tetap di rumah, namun tempat-tempat ini harus menjadi target wisata Anda di Jogja selanjutnya setelah keadaan kembali normal.

Yogyakarta memang salah satu daerah yang memiliki banyak sekali lokasi wisata. Terdapat pantai, air terjun, bukit, spot instagramable indoor maupun outdoor dan lainnya. Sehingga sudah menjadi kebiasaan bahwa Jogja dipadati pengunjung pada musim-musim liburan. Namun bisa jadi berbeda di pada masa libur lebaran tahun 2020 ini.

Taman sungai Mudal memiliki berbagai keunikan dan daya tarik yang berbeda dari obyek-obyek wisata sejenisnya. Taman sungai Mudal bahkan menjadi salah satu eco-wisata yang terdapat di Jogja. Nah, bagaimana sih maksud eco-wisata dan apa saja berbagai daya tarik Taman sungai Mudal Kulon Progo? Simak ulasan berikut ini.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal, sumber ig febri.santoso
Taman Sungai Mudal, sumber ig @febri.santoso

Taman sungai Mudal kini salah satu obyek wisata yang populer di Jogja. Sebagai salah satu lokasi wisata sumber air alami yaitu sungai, obyek wisata ini berada pada level yang tidak biasa. Lokasi ini terkenal sebagai eco-wisata. Yaitu obyek wisata alam yang sifatnya konservativ, yaitu merawat alam untuk meningkatkan taraf sosial dan ekonomi lingkungannya.

Semua berawal dari keinginan warga setempat untuk mau bersama-sama membangun lingkungan ini. Sungai Mudal yang berada di semak belukar hutan kemudian dibersihkan sehingga daya tarik wisata yang muncul menjadi luar biasa. Berkat aktivitas ini, Taman sungai Mudal menjadi salah satu wisata terbaik kabupaten bahkan Provinsi Yogyakarta.

Bukan hanya itu, taraf hidup penduduk setempat secara ekonomi dan sosial juga mengalami peningkatan. Perekonomian membaik dengan banyaknya wisatawan yang berdatangan sehingga usaha-usaha yang berkaitan denga pariwisata bisa dibangun.

Secara sosial, mulai terbentuk kedisiplinan dari warga untuk mau menjaga lingkungan agar tetap bersih, rapi dan terawat. Dari kebiasaan warga setempat ini pula, membuat para wisatawan yang datang juga akhirnya memiliki kebiasaan yang sama yaitu merawat dan menjaga lingkungan disekitarnya.

Taman sungai Mudal memiliki keindahaan yang begitu mempesona. Airnya yang berasal dari mata air bawah tanah memiliki gradasi warna biru tosca yang berbeda dengan sumber air alami ditempat-tempat lainnya. Selain itu, terdapat beberapa kolam yang bisa dinikmati bersama dengan permainan air yang ada.

Saat musim penghujan, debit air yang ada di sungai Mudal bertambah deras sehingga bagi penggemar permainan air, hal ini akan memberikan sensasi yang lebih menyenangkan. Untuk pemandangan gradasi warna yang bagus, biasanya dapat ditemui pada saat pagi hari sesudah gelap dan sore hari sebelum gelap. Sedangkan pada saat siang, warna gradasi tidak terlalu tampak, hanya warna bening dan jernihnya air.

Taman Sungai Mudal, sumber ig halojogjakarta
Taman Sungai Mudal, sumber ig @halojogjakarta

Lokasi dan Rute

Taman sungai Mudal berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kondisi jalan menuju ke lokasi relatif bagus. Untuk masa-masa berliburan perjalanan akan relatif lebih padat dibandingkan dengan hari lainnya.

Untuk menuju ke lokasi wisata Taman sungai Mudal jika dari Kota Jogja berangkat dari titik Tugu Jogja. Meskipun bisa dar berbagai titik, namun Tugu Jogja lebih mudah karena langsung berada di jalan provinsi sebelum masuk ke daerah pada saat hampir tiba di lokasi wisata.

Dari Tugu Jogja, menempuh jalur menuju Godean. Ikuti penujuk arah yang ada untuk menuju ke area Sungai Progo. Kemudian menuju ke arah Goa Kiskendo. Saat berada di pertigaan Goa Kiskendo masih diteruskan hingga bertemu pertigaan hutan pinus. Dari sini seharusnya sudah terdapat petunjuk untuk menuju Taman sungai Mudal.

Fasilitas

Sejumlah fasilitas telah dibangun untuk para wisatawan yang ingin menikmati aktivitas liburannya di obyek wisata Taman sungai Mudal. Beberapa diantaranya adalah wahana : Flying Fox, River Tubing. Terdapat juga peralatan yang bisa dipinjam seperti pelampung. Untuk Anda yang hobi berkemah, bisa menyewa camping ground yang terdapat di lokasi.

Selain itu terdapat fasilitas wifi, salah satu yang menjadikan spot wisata ini disebut ecowisata. Kemudian juga ada beberapa gazebo, tempat kuliner, kamar mandi dan lokasi parkir. Jika Anda ingin melakukan kunjungan wisata bersama rombongan, bisa dengan menyewa bus wisata di Jogja.

Taman Sungai Mudal, sumber ig @hamimarifin
Taman Sungai Mudal, sumber ig @hamimarifin

Informasi Harga

Untuk menikmati obyek wisata ini, Anda minimal harus mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 4.000. Sedangkan biaya parkir kendaraan bermotor adalah Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat. Harga-harga untuk wahana dan sewa peralatan berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 15.000. Seluruh harga-harga ini masih dalam batas terjangkau bagi para wisatawan lokal.

Informasi Tambahan

Yang paling sering menjadi target wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata Taman sungai Mudal adalah berfoto dengan latar pemandangan sungai dengan gradasi warna airnya yang mempesona. Selain itu tentu saja bermain air dan menikmati seluruh wahana yang tersedia.

Lingkungan eco-wisata ini sangat terjaga sehingga senantiasa bersih dengan sarana yang disediakan seperti tong sampah dan sarana lainnya. Bagi para wisatawan, mari turut serta untuk menjaga lingkungan ini dan obyek-obyek wisata lainnya.

Itu dia ulasan mengenai review salah satu spot wisata di Jogja. Masih terdapat banyak sekali spot wisata lainnya yang menarik yang pantas untuk kamu simak. Kunjungi terus informasinya di halaman jogjarafira.com. Semoga memberikan manfaat untuk Anda.