Jogja memiliki berbagai jenis wisata yang ditawarkan. Mulai dari wisata alam Jogja, wisata budaya, wisata sejarah termasuk berbagai obyek wisata Kota. Salah satu yang terkenal dan berada di pusat Kota Jogja adalah Taman Pintar.

Berbagai lokasi wisata ini menjadikan Jogja terkenal sebagai salah satu daerah wisata terbaik di Indonesia. Banyak wisatawan dari luar daerah hingga wisatawan mancanegara berkunjung ke berbagai tempat wisata di Jogja, beberapa diantaranya adalah lokasi wisata yang terdapat di Kota Jogja.

Yang paling terkenal tentu saja Jalan Malioboro. Jika Anda berada di Jalan Malioboro, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata lainnya seperti Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo termasuk Taman Pintar.

Taman Pintar Yogyakarta

Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi adalah Taman Pintar Jogja. Taman tersebut merupakan tempat dengan berbagai wahana permainan serta sarana belajar anak. Disana tersedia berbagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan anak Anda.

Taman Pintar Jogja menjadi tempat yang direkomendasikan untuk para pelajar untuk mempelajari ilmu sains sebagai pendukung kurikulum pendidikan. Dengan sarana belajar yang menarik dan sejuk, akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk mencintai ilmu sains serta ilmu lainya dengan mudah.

Selain sebagai sarana pembelajaran, spot wisata edukatif ini juga mempunyai berbagai wahana yang menarik dan menyenangkan. Wahana bermain anak tersebut berada di sebelah timur di jalan Malioboro. Wahana tersebut pasti membuat sang buah hati senang dan gembira.

Oleh karena itu, lokasi wisata kota ini sering dijadikan sebagai tempat study tour pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah. Anak-anak dapat memperoleh ilmu dan pelajaran mengenai sains secara langsung.

Lokasi Taman Pintar

Taman Pintar, sumber ig mingzhou
Taman Pintar, sumber ig @mingzhou

Lokasi spot wisata edukatif ini sangat strategis yaitu di depan Bank Indonesia dengan jarak 200 meter di sebelah timur perempatan Jalan Malioboro. Letaknya di Taman Budaya, Benteng Vredeburg. Untuk alamat lengkap tempat tersebut yaitu di jalan Panembahan Senopati No 1-3 kota Yogyakarta. Sebelum dijadikan sebagai tempat belajar atau rekreasi. Tempat tersebut dulunya adalah pusat perbelanjaan.

Pada tahun 2004 tempat tersebut mengalami relokasi area disertai dengan beberapa pembangunan lainya. Sehingga pada tahun 2008 mulai diresmikan oleh presiden RI. Pembangunan tempat wisata edukatif Jogja ini mempunyai target untuk mendukung program dari pemerintah mengenai pembelajaran di sekolah.

Dengan adanya sarana belajar sains tersebut dapat mengasah kreativitas dan inovasi anak sejak dini. Sehingga dapat menciptakan generasi muda yang berbakat dan berprestasi khususnya di bidang sains.

Harga Tiket Wisata Taman Pintar

Untuk masuk ke lokasi wisata di Kota Jogja ini dikenakan tiket masuk Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 18.000 untuk orang dewasa. Harga tiket tersebut hanya untuk tiket masuk saja, belum termasuk berbagai wahana yang ada didalamnya.

Untuk jam operasional tempat wisata ini yaitu pada hari selama hingga minggu. Jam buka mulai dari jam 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Untuk hari senin adalah hari libur sehingga obyek wisata tutup atau tidak beroperasi.

Wahana Taman Pintar

Di Taman Pintar Jogja terdapat berbagai wahana yang dapat Anda nikmati bersama anak-anak. Setiap wahana bisa dikunjungi dan dinikmati dengan biaya masuk khusus selain harga tiket masuk. Berikut beberapa wahana yang bisa dinikmati :

Wahana Bermain di Taman Pintar, sumber ig mingzhou
Wahana Bermain di Taman Pintar, sumber ig @mingzhou

1. Wahana Teather 3D

Anda dapat menikmati keseruan menonton teather 3D dengan harga Rp. 20.000 untuk umum dan Rp. 15.000 untuk pelajar. Didalam wahana tersebut Anda juga dapat mencoba membuat kreasi dari batik, gerabah, lukis, maupun kaos.

2. Gedung Paud

Tempat wisata ini khusus untuk anak-anak dengan usia dibawah 7 tahun. Harga tiket masuk gedung paud hanya Rp. 3000. Didalamnya terdapat wahana permainan dan pembelajaran untuk anak Anda.

Gedung paud ini terdiri dari dua gedung. Yaitu gedung barat dan gedung timur. Setiap gedung memiliki fasilitas yang edukatif. Yaitu alat-alat peraga yang bisa memberikan pendidikan kepada anak-anak. Alat peraga ini dirancang khusus sehingga meskipun bertujuan mendidik namun masih tetap mengasyikkan bagi anak-anak.

3. Planetarium

Wahana yang satu ini bisa dinikmati dengan harga tiket Rp. 15.000/orang. Anda dapat menikmati berbagai keindahan dan hal menarik tentang planet dan benda-benda langit di wahana yang satu ini. Sebagaimana dinamakan planetarium, wahana ini memang ditujukan untuk mengenalkan pengetahuan terkait astronomi kepada para pengunjung terutama anak-anak.

Wahana Bermain di Taman Pintar, sumber ig dinicenik_
Wahana Bermain di Taman Pintar, sumber ig @dinicenik_

4. Gedung Kotak

Gedung kotak adalah wahana dengan 10 zona. Zona tersebut bervariasi mulai sari zona replika, keris, batik, dan sebagainya yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia sendiri. Sehingga wahana ini sangat cocok untuk mengenalkan tradisi budaya kepada anak-anak sebagai generasi penerus Indonesia.

5. Gedung Oval

Wahana gedung ini mempunyai 10 zona yang dapat dinikmati. Zona tersebut meliputi zona iklim, cuaca, teknologi dan sebagainya. Dalam gedung oval mempunyai banyak zona untuk pembelajaran sehingga sangat tepat dijadikan sebagai tempat belajar. Gedung ini berisi segala hal terkait pengetahuan tentang sains alam.

Itu dia berbagai ulasan terkait informasi lokasi dan berbagai hal yang dapat dinikmati di spot wisata edukatif Jogja ini. Spot ini sangat cocok bagi siapa saja yang membawa anak-anak saat berwisata di Jogja. Karena selain menghibur, juga dapat menambah wawasan bagi anak-anak.

Simak berbagai ulasan review wisata Jogja, tips wisata dan pemesanan sewa bus Jogja di jogjarafira.com. Nantikan berbagai update dan silahkan beri komentar dan bagikan artikel ini.