Setiap pantai tentu memiliki keunikannya tersendiri dan hal itulah yang menjadi daya tarik mereka untuk menarik setiap wisatawan datang berkunjung. Dari sekian banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke pantai, Ada satu aktivitas yang tentu anti mainstream dan bisa jadi tidak Anda dapatkan ketika berkunjung ke pantai lain manapun, semisal Pantai Timang.

Pantai Timang adalah salah satu destinasi wisata yang berlokasikan di Pantai Selatan Jawa, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Destinasi wisata yang satu ini termasuk tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan deretan pantai lainnya.

Sensai lain yang anti mainstream yang bisa Anda dapatkan tidak lain adalah karang yang terletak di tengah laut yang hanya bisa Anda capai dengan menaiki kereta gantung atau gondola. Jarang-jarang bukan Anda menemukan kereta gantung di sebuah destinasi wisata pantai?

Jika Anda berkunjung ke pantai yang satu ini dan menaiki kereta gantung yang ekstrim tersebut tentu Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda dan pengalaman berkesan yang tidak akan mudah terhapuskan oleh waktu.

Menarik bukan? Penasaran seperti apa pesona Pantai Timang yang berlokasikan di Gunungkidul ini? simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Wisata Pantai Timang

Pantai Timang Jogja, sumber ig fanjijihs
Pantai Timang Jogja, sumber ig @fanjijihs

Pada awalnya Pantai Timang ini bukanlah sebuah obyek wisata yang karena memang untuk bisa sampai ke lokasi membutuhkan usaha yang lebih dan medannya pun cukup sulit untuk dilalui oleh kendaraan pribadi pada umumnya.

Pantai wisata ini sebenarnya merupakan sumber dari mata pencaharian masyarakat setempat. Kebanyakan masyarakat setempat berprofesi sebagai nelayan dengan mencari lobster. Tentu Anda tahu kan? bahwa hewan laut yang satu ini memang suka untuk hidup di karang dan bebatuan.

Nah, untuk memudahkan aktivitas para nelayan tersebut, dibuatlah kereta gantung tersebut sebagai alat transportasi penyebrangan ke Pulau Timang tersebut. Setelah berlangsung lama, banyak para wisatawan yang tertarik untuk menggunakan kereta gantung tersebut.

Melihat adanya potensi dan peluang, masyarakat setempat berinisiatif untuk menjadikannya sebagai objek wisata. Destinasi wisata Pantai di Jogja ini mulai viral dan dilirik oleh sebagian wisata lainnya. Puncak viralnya ketika salah satu variety show terkenal asal Korea Selatan, yaitu Running Man, berkunjung ke tempat ini dan mengirimkan dua perwakilan anggotanya untuk mencoba wahana gondola.

Itulah beberapa cerita kilas balik awalnya obyek wisata ini muncul, bermula dari hanya sebagai tempat pencarian lobster hingga menjadi destinasi wisata. Bagi Anda yang menyukai hal ekstrim dan memacu adrenalin, Anda bisa mengunjungi obyek wisata ini.

Daya Tarik Pantai Timang

Daya tarik dari Pantai Timang bukanlah suguhan pemandangan hamparan pasir putih ataupun keindahan lautan biru. Melainkan kereta gantung atau gondola yang digunakan untuk menyebrang ke Pulau Timang. Tidak seperti pulau lainnya yang berupa daratan tanah dengan banyak pepohonan, tapi Pulau Timang ini hanya berupa bukit karang bertebing batu.

Jembatan Timang, sumber ig yoga_f.s
Jembatan Timang, sumber ig @yoga_f.s

Kereta gantung yang ada di spot wisata ini murni disediakan oleh nelayan setempat untuk mendukung aktivitas memburu lobster yang menjadi salah satu produk unggulan setempat. Jadi, jangan berpikiran kereta gantung mirip seperti yang ada di wahana taman mini ya.

Kereta gantung tersebut ditarik dari bibir pantai menuju sebuah pulau kecil bernama Pulau Watu Panjang dengan menggunakan tenaga manusia. Awalnya untuk menyeberang menggunakan kereta gantung ini gratis, namun kemudian warga setempat mematok biaya sebesar Rp. 200.000 Untuk sekali menyeberang.

Menurut kalian bagaimana? Mahal? Tentu harus dipahami untuk menarik kereta gantung tersebut tidak mudah. Para penariknya haruslah memiliki tenaga yang banyak serta keahlian khusus. Tetapi dijamin, walaupun mahal tetapi tetap akan merasa puas karena pengalaman tersebut tidak Anda dapatkan di tempat lain.

Lokasi

Mengenai lokasi, Pantai Timang ini berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Jika Anda hendak mengunjungi destinasi wisata ini, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai ke lokasi menggunakan kendaraan dengan jarak kurang lebih 70 km dari pusat kota Yogyakarta.

Jika Anda masih bingung di mana lokasi atau letak obyek wisata di Tepus Gunung Kidul Yogyakarta ini, maka kami menyarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Pantai Timang di Tepus Gunung Kidul Yogyakarta di search google maps. Karena Di Google maps sudah ditandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Jam Operasional

Pantai Timang, sumber ig rinirarasati
Pantai Timang, sumber ig @rinirarasati

Mengenai jam operasionalnya, obyek wisata ini terbuka selama 24 jam sehingga Anda bebas untuk mengunjunginya Apapun, baik itu hari biasa ataupun hari hiburan. Tetapi perlu untuk diperhatikan, apabila Anda ingin menikmati wahana kereta gantung, datanglah pada waktu di antara pagi hingga sore.

Fasilitas

Berbicara mengenai fasilitas, wisata pantai di Tepus Gunung Kidul Yogyakarta ini telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat membantu setiap aktivitas wisatawan seperti :

  • Mushola
  • Area Parkir kendaraan
  • Warung makan
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat Istirahat
  • fasilitas penyeberangan dan lain-lain.

Harga Tiket

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Destinasi Wisata bahari di Jogja ini siapkan biaya sejumlah Rp. 5000 untuk tiket masuk sekaligus biaya parkir. Murah bukan? Namun perlu Anda perhatikan itu belum termasuk untuk bisa menikmati fasilitas jembatan gantung dan kereta gantung untuk menyebrang ke pulau Timang.

Untuk bisa menikmati fasilitas jembatan gantung atau kereta gantung tentu Anda harus merogoh biaya yang lebih. Untuk menaiki kereta gantung, persiapkan uang sejumlah Rp. 200.000 untuk berangkat dan pulangnya. Sedangkan untuk menaiki jembatan gantung, persiapkan Rp. 100.000.

Itu dia beberapa informasi seputar Pantai Timang. Simak berbagai info obyek wisata di Jogja lainnya bersama sewa bus Jogja. Stay safe selama wabah dengan melakukan social distancing.