Pantai Pok Tunggal meruapakan pantai ikonik di area pantai selatan Jogja. Spot wisata ini memang dikenal karena ikonnya, yaitu sebuah pohon. Menarik untuk diketahui tentang bagaimana awal mula lokasi ini dikenal. Spot wisata di area Jogja memang terkadang menyimpan informasi bahkan jejak sejarah di belakangnya.

Contohnya seperti air terjun Sri Gethuk yang dilengkapi dengan cerita lokal, Bukit Nglanggeran dengan cerita awal mula kejadian alamnya, Pantai Parangtritis dengan mitosnya dan lain-lain merupakan keunikan tersendiri dari spot-spot wisata di Jogja. Tentu saja cerita dan asal-usul bukan untuk mengurangi daya tarik yang ada, malah semakin membuat penasaran para wisata untuk menyaksikan secara langsung keindahannya.

Spot Wisata Pok Tunggal

Pok Tunggal adalah salah satu spot wisata populer di Jogja. Pantai ini salah satu yang ramai dikunjungi dan memiliki keindahan dan fasilitas yang sudah baik. Meskipun sudah terkenal dengan keindahannya, nama pantai ini dikenal unik dan membuat penasaran.

Pohon Duras di Pok Tunggal, sumber : Pidjar.com
Pohon Duras di Pok Tunggal, sumber : Pidjar.com

Dinamakan Pok Tunggal, karena terdapat pohon Duras yang sejak awal menjadi daya tarik. Keberadaan pohon ini unik karena hanya satu-satunya ditengah area pantai. Sejak awal warga setempat menjaga keberadaan pohon ini sebagai ikon yang membuat pantai ini menjadi dikenal.

Namun sebenarnya daya tarik pantai ini bukan hanya oleh karena keberadaan pohon Duras satu-satunya. Di pantai ini juga terdapat keindahan lainnya seperti perbukitan karst, aliran sungai bawah tanah dan keindahan biota lautnya. Sehingga akan ada banyak hal yang dapat dilakukan dan dinikmati di lokasi wisata ini.

Selain hanya berkunjung dan menikmati suasana pantai, wisatawan juga melakukan aktivitas diving, snorkeling dan camping. Karena spot yang ada di lokasi wisata ini memungkinkan untuk dilakukannya aktivitas ini. Bahkan pada tebing karst, tidak jarang wisatawan juga melakukan rock climbing.

1. Lokasi dan Rute

Pantai Pok Tunggal, sumber ig dedek_fajar_setiawan
Pantai Pok Tunggal, sumber ig @dedek_fajar_setiawan

Spot wisata ini merupakan pantai yang berada di wilayah Desa Tepus, Tepus Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini beroperasi setiap hari sehingga anda dapat mengunjunginya kapan saja yang anda inginkan baik itu weekday maupun pada saat weekend serta pantai ini dibuka 24 jam sehingga akan sangat memuaskan bermain di pantai ini.

Pantai pok tunggal ini seringkali dikenal dengan nama the hidden paradise yang berarti surga yang tersembunyi. Hal ini karena pantai ini berada di balik bukit karst yang membentengi pantai ini serta pantai pok tunggal memiliki keindahan yang sangat eksotis.

Untuk menuju lokasi wisata ini, disarankan menggunakan kendaraan roda empat. Karena dari Kota Jogja, lokasi pantai relatif jauh untuk menggunakan kendaraan roda dua. Jarak perjalanan cukup panjang yaitu berkisar 80 km atau dalam waktu 2 jam. Tidak disarankan menempuh perjalanan saat hujan. Saat weekend akan ramai oleh pengunjung.

Tebing Karst di Pok Tunggal, sumber ig kurniawanyudha_212
Tebing Karst di Pok Tunggal, sumber ig @kurniawanyudha_212

Dari kota Jogja mengarah ke selatan yaitu melalui Jalan Wonosari. Perjalanan dilanjutkan hingga bertemu dengan Tepus dan membayar retribusi pada loket masuk Pantai. Biasanya, pintu masuk ini mengarah ke beberapa spot wisata. Untuk Pantai Pok Tunggal setelah pintu masuk, dilanjutkan ke arah kiri.

2. Fasilitas umum

Kelengkapan fasilitas umum merupakan hal yang paling utama saat mengunjungi tempat wisata. Fasilitas umum ini meliputi toilet, tempat istirahat, tempat sampah, mushola dan yang lain sebagainya yang memudahkan anda dalam memenuhi suatu kebutuhan.

Pantai pok tunggal ini sudah memiliki berbagai macam fasilitas umum yang sangat memadai serta mumpuni untuk berbagai kebutuhan dari semua pengunjungnya sehingga pengunjung pun akan merasa sangat nyaman dan senang saat bermain di pantai ini.

3. Spot foto

Tempat wisata tidak lengkap tanpa adanya spot foto. Spot foto pada zaman sekarang ini merupakan hal yang harus ada dalam tempat wisata. Karena dengan adanya spot foto anda dapat mengabadikan tempat tersebut, serta menjadi lebih bagus untuk hasil fotonya itu sendiri.

Spot foto yang sangat ikonik adalah yang berada di naungan pohon Duras. Seringkali orang – orang rela mengantre berfoto di tempat tersebut. selain itu, anda juga dapat berfoto dengan background tebing karst dan hal itu juga sangat bagus.

Pantai Pok Tunggal, sumber ig jogjakartaid
Pantai Pok Tunggal, sumber ig @jogjakartaid

Anda hanya perlu menyiapkan kamera anda agar mempunyai hasil yang lebih baik lagi dan sangat bagus untuk dijadikan sebagai kenang – kenangan anda pernah datang ke lokasi wisata ini.

4. Keindahan pantai

Di pantai yang satu ini, keadaanya cukup bersih dan terawat serta pantai ini mempunyai ketentuan bahwa yang tidak menjaga kebersihan maka nantinya akan di kenakan dengan denda sehingga warga setempat selalu menjaga kebersihan lingkungan dan spot wisata tersebut.

Kondisi pantai memiliki pasir yang putih dan air lautnya juga jernih sehinga memberikan kesan alami yang masih sangat asri serta warga setempat selalu menjaga pantai sehingga kondisi pantai masih tetap sangat autentik seperti dahulu.

Hal tersebut ditandai dengan terdapatnya pohon yang hanya satu satunya yang berada di sepanjang pantai gunung kidul. Dan yang uniknya adalah beberapa mata air tawar di daerah tersebut masih mengalir dengan sangat lancar dan baik.

5. Area camping

Jika anda suka sekali dengan camping di pantai maka anda juga bisa mencoba camping di pantai pok tunggal. Akan tetapi, anda harus berhati – hati dengan satwa liar yang berada di daerah tersebut karena tidak adanya pagar pembatas sehingga satwa liar dapat masuk ke area camping.

Itu dia berbagai informasi terkait salah satu spot wisata pantai yang terdapat di Jogja. Semoga bisa menjadi referensi wisata Jogja untuk Anda.