Jogjakarta dikenal dengan obyek-obyek wisatanya. Setiap hari libur, Jogjakarta selalu saja dipadati oleh pengunjung dari luar daerah. Obyek-obyek wisatanya terdiri dari banyak jenis, mulai dari obyek wisata alam dan pantai, hingga obyek wisata budaya. Semuanya menjadi daya tarik tersendiri bagi Jogjakarta. Selain itu, obyek-obyek wisata ini tersebar di seluruh Kabupaten yang ada. Mulai dari Kota Jogjakarta sendiri, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo. Untuk wisata alam, yang terkenal banyak terdapat di Gunung Kidul dan Sleman. Untuk berbelanja, produk budaya dan desa wisata terdapat di Kota Jogjakarta Hingga ke baratnya. Untuk bisa menjelajahi obyek-obyek wisata ini, terdapat fasilitas wisata seperti jasa rental mobil, jasa rental bus wisata dan penyedia paket wisata Jogjakarta.

Selain kawasan Gunung Kidul dan Sleman, Kulon Progo juga menyimpan beragam destinasi wisata alam yang menarik. Anda dapat mengunjungi wisata alam berupa pantai, air terjun, gua, sungai, dan hutan. Untuk menambah referensi dan memberikan tambahan pertimbangan pilihan destinasi wisata, Anda dapat menyimak review obyek wisata Kabupaten Kulon Progo. Berikut adalah beberapa review destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo.

Obyek-Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo

1. Sungai Mudal

Salah satu fasilitas yang memang diperuntukkan untuk berwisata adalah taman yang dibuat di area sekitar sungai. Tempat ini dikenal dengan ekowisata. Karena memang dibangun oleh pihak setempat sehingga memiliki fasilitas-fasilitas yang unik, kebersihan yang terjaga dan keungggulan lainnya. Anda dapat menikmati suasana sungai dan sekitarnya. Adanya taman tersebut membuat para wisatawan dapat berkumpul dan beristirahat. Beragam aktivitas seperti berkemah dan outbond bisa Anda lakukan di area sekitar sungai.

2. Air Terjun Kembang Soka

Tidak hanya Gunung Kidul yang memiliki air terjun, Kulon Progo juga memiliki salah satu air terjun terelok di Pulau Jawa. Lokasi Air Terjun Kembang Soka tidak jauh dari Sungai Mudal. Kembang Soka menjadi pembeda dengan air terjun di kawasan lain. Anda dapa menikmati panorama air terjun yang berwarna jernih dengan kembang-kembang cantik di sekitarnya.

3. Puncak Widosari

Puncak Widosari, sumber ig ztriyono

Puncak Widosari, sumber ig @ztriyono

Suasana dan panorama sunset merupakan dua hal yang bisa Anda nikmati secara maksimal dengan mengunjungi Puncak Widosari. Panorama alam luas dari puncak akan membuat Anda terkesima. Anda juga bisa menikmati suasana khas (ketinggian) pegunungan di sana. Tidak lengkap jika tidak menyertakan Puncak Widosari dalam review obyek wisata Kabupaten Kulon Progo.

4. Gua Maria Sendangsono

Selain menikmati arsitektur bangunan, Anda juga dapat menikmati wisata budaya dan religi di gua Maria. Gua Maria Sendangsono merupakan lokasi dimana orang Jawa pertama kali memeluk agama Katolik. Anda dapat mempelajari mengenai sejarah agama Katolik di tanah Jawa.

5. Hutan Mangrove Kulon Progo

Anda dapat menikmati sejuknya udara hutan dan suasana berada di kawasan konservasi mangrove. Anda dapat mempelajari bagaimana manfaat dan kegunaan mangrove untuk lingkungan. Selain wisata alam, Anda dapat juga mendapatkan wisata edukasi. Selain itu, disini Anda juga dapat menyalurkan hobi berfoto karena memang terdapat spot-spot foto unik disekitarnya.

6. Pantai Congot

Salah satu keindahan yang akan Anda dapatkan dari kawasan wisata ini dapat Anda nikmati melalui pemandangan di sekitar pantai. Terdapat banyak karang dan bebatuan yang menambah keindahan dari ‘tekstur’ pantai Congot. Selama perjalanan, Anda juga dapat menikmati panroama perkebunan dan persawahan yang akan memanjakan mata Anda.

Persiapkan Kesehatan Fisik untuk Lakukan Eksplorasi

Kesiapan fisik adalah hal yang paling penting ketika Anda hendak berwisata alam. Semua destinasi wisata yang ada dalam review obyek wisata Kabupaten Kulon Progo membutuhkan kualitas fisik yang baik. Tidak pas jika Anda hanya berdiam diri saja dalam satu tempat. Lakukan eksplorasi untuk mendapatkan pengalaman lebih. Kunjungi juga kawasan wisata tersebut di waktu yang berbeda untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Demikian ulasan singkat mengenai obyek-obyek wisata Kabupaten Kulon Progo yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Tetap waspada dimanapun Anda berada dan selalu jaga lingkungan terutama obyek-obyek wisata yang sering kita kunjungi untuk kebaikan generasi yang akan datang. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat menikmati kunjungan wisata Anda!