Menghabiskan waktu liburan dengan aktivitas yang tak biasa akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Salah satu destinasi yang menawarkan petualangan seru adalah Lembah Oya Kedungjati. 

Lembah Oya menjadi tempat ideal untuk menikmati keindahan alam sembari berolahraga. Terutama bagi para pecinta alam dan penggemar olahraga air. Dengan menaiki kano, Anda bisa menyusuri aliran sungai yang jernih sambil menikmati pemandangan.

Lokasi Wisata

Lembah Oya Kedungjati, Sumber: kompas.com
Lembah Oya Kedungjati, Sumber: kompas.com

Tempat wisata Lembah Oya Kedungjati beralamat di Kedungjati, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Sepanjang jalan menuju tempat wisata Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah.

Anda bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh alam berupa perbukitan, sungai-sungai, dan beberapa kebun warga. Demi kenyamanan, untuk berkunjung ke tempat ini gunakan saja kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Jalan menuju Lembah Oya tergolong cukup ekstrim dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil. Beberapa ruas jalan juga masih belum begitu rata. Namun sulitnya medan yang harus ditempuh akan terbayar sesampainya Anda di tujuan dengan pemandangan yang indah.

Aktivitas Seru di Lembah Oya Kedungjati Bantul

Aktivitas di Lembah Oya Kedungjati, Sumber: kompas.com
Aktivitas di Lembah Oya Kedungjati, Sumber: kompas.com

Bisa dikatakan Lembah Oya merupakan salah satu destinasi wisata hidden gem yang ada di Yogyakarta. Pasalnya tempat wisata yang satu ini masih tergolong baru sehingga belum banyak orang yang tahu.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata Lembah Oya.

1. Naik Kano

Naik kano merupakan salah satu aktivitas yang sangat diminati oleh wisatawan ketika berkunjung ke Lembah Oya Kedungjati. Keindahan alam lembah yang masih alami dan air sungai yang jernih menjadikan aktivitas ini begitu menarik. 

Wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau di sepanjang aliran sungai, sambil merasakan sensasi petualangan yang menyenangkan. Naik kano akan menjadi kesempatan untuk Anda dan keluarga lebih dekat dengan alam. 

Harga tiket untuk bisa naik kano di Lembah Oya tergolong cukup terjangkau. Hanya dengan Rp 10.000 Anda sudah bisa naik kano selama 10 menit untuk menjelajah danau. Wahana naik kano memang buka sampai sore.

Namun karena tingginya antusiasme pengunjung membuat pengelola kehabisan tiket pada jam siang. Terutama jika Anda datang ke sini saat hari minggu atau hari liburan. Oleh karena itu datanglah lebih awal agar tidak kehabisan tiket kano.

2. Berenang

Wisatawan yang datang ke Lembah Oya dan ingin merasakan segarnya aliran sungai bisa berenang di sana. Aliran sungai di Lembah Oya terkenal jernih dan bersih sehingga menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. 

Air yang mengalir tenang dan suasana yang asri membuat pengalaman berenang di Lembah Oya terasa sangat berbeda. Banyak wisatawan yang menikmati kegiatan berenang, terutama pada hari-hari yang panas.

Wisatawan yang ingin berenang wajib memakai rompi pelampung atau ban untuk tujuan keselamatan. Meskipun aliran sungai terlihat tenang, anak-anak dan orang yang tidak bisa berenang tetap perlu waspada terhadap kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

3. Berkemah

Lembah Oya Kedungjati kini menjadi salah satu destinasi bagi orang-orang yang ingin berkemah. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang sehingga sangat cocok dijadikan tempat berkemah. 

Saat berkemah di sini wisatawan bisa merasakan keindahan alam Lembah Oya lebih dekat di kala siang dan melihat langit malam yang penuh bintang. Bagi yang ingin berkemah, disarankan untuk membawa perlengkapan yang memadai dan mengikuti aturan yang berlaku.

Aktivitas berkemah sangat direkomendasikan bagi Anda yang sudah terbiasa berpetualang di alam terbuka. Selain itu, berkemah memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan lain seperti memancing, mendaki, atau sekadar bersantai di tepi sungai.

4. Berburu Foto-Foto Keren

Lembah Oya menjadi tempat yang tepat bagi para pecinta fotografi. Di Lembah Oya Anda bisa berburu foto-foto keren yang memukau. Lembah Oya menawarkan pemandangan berupa aliran sungai yang jernih, pepohonan hijau yang rindang, dan panorama perbukitan.

Kondisi tersebut akan menjadi latar yang sempurna untuk berburu foto-foto keren. Berbagai aktivitas seru yang Anda lakukan di Lembah Oya mulai dari naik kano, berenang di sungai, atau bahkan saat berkemah semuanya bisa menjadi momen yang sempurna untuk diabadikan.

Bahkan popularitas Lembah Oya semakin naik berkat postingan dari para pengguna sosial media seperti Tik Tok dan Instagram. Banyak video viral yang dibuat dengan latar belakang Lembah Oya.

5. Menikmati Suasana

Bagi Anda yang tidak terlalu suka berenang atau naik kano maka bisa bersantai sambil menikmati suasana di Lembah Oya Kedungjati. Duduk-duduk santai di tengah alam yang masih asri dengan pemandangan alam yang  hijau cukup efektif untuk menyegarkan pikiran.

Selain itu suara gemericik air dari aliran sungai yang jernih mampu membuat suasana hati terasa lebih tenang. Setelah menikmati keindahan alam yang memukau, lanjutkan perjalanan dengan berburu aneka makanan lezat.

Anda bisa mencicipi kuliner sate klathak yang memiliki rasa khas atau gudeg yang kaya akan rasa rempah. Namun karena di lokasi wisata Kedungjati belum tersedia penjual makanan yang lengkap Anda bisa mencarinya di tempat lain sepulangnya dari Lembah Oya.

Berwisata Ke Lembah Oya Bersama Jogja Rafira

Sewa bus pariwisata, Sumber: jogjarafira.com
Sewa bus pariwisata, Sumber: jogjarafira.com

Mengunjungi Lembah Oya Kedungjati bersama Jogja Rafira adalah pilihan tepat untuk pengalaman wisata yang nyaman dan menyenangkan. Jogja Rafira menyediakan layanan sewa bus Jogja dengan pilihan armada yang lengkap.

Selain bus, kami juga menyediakan armada dengan ukuran yang lebih kecil seperti minivan, SUV, MPV, Elf, Hiace, atau sedan yang lebih cocok untuk mengunjungi Lembah Oya. Bersama Jogja Rafira, perjalanan wisata Anda akan lebih mudah dan menyenangkan.