Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal sebagai daerah di Indonesia yang kaya akan makanan dan minuman tradisionalnya. Setiap hidangan yang dijajakan memiliki citarasa khas dan tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta. Tak terkecuali berbagai kuliner lezat dan menggugah selera yang bisa ditemukan di Pasar Beringharjo.

Ya, berkunjung ke Yogyakarta tidak akan lengkap jika tidak mampir dan mengunjungi Pasar Beringharjo. Untuk sekedar melihat-lihat atau mungkin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tidak hanya terkenal dengan beragam produksi batik, kuliner di Pasar Beringharjo juga menjadi salah satu alasan kenapa Anda harus mampir ke pasar sensasional ini.

Mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman khas ada di pasar Beringharjo. Jadi, pasar ini bisa menjadi pilihan terbaik setelah lelah berkeliling Jogja atau setelah puas mengelilingi Malioboro Jogja. Karena di Pasar Beringharjo, Anda bisa mengisi energi dengan menyantap makanan dan minuman khas yang ada. 

Kuliner Pasar Beringharjo yang wajib dicicipi, Sumber: thejakartapost.com
Kuliner Pasar Beringharjo yang wajib dicicipi, Sumber: thejakartapost.com

7 Wisata Kuliner Pasar Beringharjo

Beringharjo adalah salah satu pasar yang cukup terkenal di Yogyakarta. Banyak wisatawan yang pasti akan singgah ke pasar ini, untuk sekedar membeli oleh-oleh atau sengaja untuk mencicipi segala kuliner yang ditawarkan. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi wisata kuliner di Pasar Beringharjo untuk Anda.

1. Nasi Soto Pithes Mbah Galak

Kuliner satu ini dikenal dengan julukan penjualnya, yang akrab dipanggil Mbah Galak. Julukan tersebut disematkan pada warung ini karena penjual pertamanya terkenal dengan sikap galaknya. Bahkan jika ada pengunjung yang terlampau berisik, siap-siap saja akan mendapatkan teguran dan amarah dari sang penjual.

Saat ini, soto Mbah Galak sudah beralih ke generasi ketiganya. Jadi, tidak perlu khawatir akan mendapatkan amarah dari penjualnya. Karena justru kini sang penjual sangat ramah dan sopan kepada setiap pengunjung yang hadir. Selain julukan penjualnya, soto ini juga terkenal dengan cita rasanya yang khas.

Sesuai dengan namanya, soto ini memiliki rasa pedas dari cabe yang “dipithes” atau dilumatkan hingga menciptakan rasa segar dan lezat. Jadi, jangan khawatir jika tidak menemukan sambal di warung satu ini. Karena di dalam soto yang dihidangkan sudah pedas. 

Disini, Anda pun bisa menambah kelezatan soto dengan berbagai pelengkap. Seperti kerupuk, peyek, keripik tempe, dan tempe goreng yang tersedia.

Nasi soto pithes Mbah Galak yang legendaris, Sumber: oyanmadang.blogspot.com
Nasi soto pithes Mbah Galak yang legendaris, Sumber: oyanmadang.blogspot.com

2. Bakmi Pentil

Kuliner selanjutnya yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Pasar Beringharjo adalah bakmi pentil. Dimana nama “Pentil” ini diberikan karena teksturnya yang kenyal menyerupai karet pentil. Bakmi ini terbuat dari sari pati singkong dengan warna mie kuning dan putih. Proses memasak bakmi pentil melibatkan bawang putih, kemiri dan bawang merah.

Sehingga menciptakan cita rasa yang ringan di mulut namun mampu menggoyang lidah. Kelezatan bakmi ini semakin bertambah nikmat dengan taburan potongan seledri, bawang goreng, dan sambal bawang yang pedas.

Bakmi pentil yang kenyal dan menggugah selera, Sumber: tuguwisata.com
Bakmi pentil yang kenyal dan menggugah selera, Sumber: tuguwisata.com

3. Pecel Senggol

Rasanya belum lengkap jika Anda belum mencicipi Pecel Senggol saat berada di Pasar Beringharjo. Nama “Senggol” untuk pecel ini memiliki latar belakang yang unik. Nama ini berasal dari tempat makannya yang sangat sempit di masa lalu. Sehingga dulu para pembeli sering saling bersenggolan ketika menikmati hidangan ini.

Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir karena penjual Pecel Senggol sudah pindah ke kios yang lebih luas. Jadi, Anda bisa menikmati hidangan ini dengan suasana yang nyaman dan lebih lega.

Pecel senggol legendaris Pasar Beringharjo, Sumber: travel.tribunnews.com
Pecel senggol legendaris Pasar Beringharjo, Sumber: travel.tribunnews.com

4. Sup Kembang Waru

Salah satu kuliner menarik di Pasar Beringharjo adalah sup kembang waru. Sup yang terbuat dari wortel, buncis, kentang, seledri, dan bawang goreng ini mampu menarik banyak pengunjung Pasar Beringharjo untuk mencobanya. 

Siomay dari olahan daging ayam yang dibungkus telur ini dihidangkan dalam bentuk bunga waru yang cantik. Kemudian dihidangkan bersama kuah sup dengan citarasa gurih dan segar. Jika Anda menyantapnya bersama sepiring nasi, kami yakin akan merasa kenyang dan puas secara bersamaan setelah menikmati hidangan ini.

Sup kembang waru yang unik dan segar, Sumber: inibaru.id
Sup kembang waru yang unik dan segar, Sumber: inibaru.id

5. Jadah Bakar

Tak hanya ada makanan berat, di Pasar Beringharjo juga terdapat tempat yang menawarkan jajanan tradisional. Salah satunya adalah jadah bakar. Jadah sendiri adalah makanan tradisional yang populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Keistimewaan dari jadah bakar di Pasar Beringharjo adalah proses pembakarannya menggunakan bara api sebelum dihidangkan. Hal ini memberikan sensasi tekstur renyah di luar dan lembut di dalam saat dinikmati.

Jadah bakar dengan tekstur renyah dan lembut didalam, Sumber: kompasiana.com
Jadah bakar dengan tekstur renyah dan lembut didalam, Sumber: kompasiana.com

6. Jenang

Jajanan tradisional lain yang dapat ditemukan di Pasar Beringharjo adalah Jenang. Jajanan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan manis. Jenang yang sudah dijual sejak tahun 1998 ini menawarkan citarasa menggiurkan. Dengan harga terjangkau, jenang bisa menjadi pilihan jajanan yang tidak hanya ramah di kantong tetapi juga kaya rasa di lidah.

Jenang, santapan manis yang menggiurkan, Sumber: food.detik.com
Jenang, santapan manis yang menggiurkan, Sumber: food.detik.com

7. Es Dawet

Terakhir namun tidak boleh dilewatkan adalah es dawet. Minuman segar ini terdiri dari cendol, cincau, santan, gula, dan potongan buah nangka. Rasanya yang lezat, manis, dan menyegarkan membuatnya terlalu sayang jika dilewatkan. Apalagi jika kuliner Pasar Beringharjo ini dinikmati ketika siang hari, tentu sangat menyegarkan dahaga. 

Es dawet yang menyegarkan, Sumber: fotkom401.id
Es dawet yang menyegarkan, Sumber: fotkom401.id

Nah, itu dia beberapa kuliner yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke Pasar Beringharjo. Semua kuliner tersebut sangat worth it untuk dicicipi, karena selain rasanya menggugah selera harga yang ditawarkan juga ramah di kantong. Meskipun begitu, Anda tetap perlu waspada terhadap jenis-jenis makanan yang merusak gigi.

Bagi Anda yang berencana menjelajahi keunikan dan kelezatan kuliner Pasar Beringharjo secara langsung tapi terkendala transportasi, Anda tak perlu khawatir! Karena Jogjafira menyediakan solusi praktis untuk perjalanan Anda. Sewa bus Jogja bersama kami dan nikmati perjalanan yang nyaman dan bebas repot.

Dengan layanan kami, Anda bisa lebih leluasa mengeksplorasi ragam kuliner enak yang ditawarkan pasar ini tanpa harus khawatir tentang perjalanan pulang–pergi.