Wisata kuliner malam Yogyakarta merupakan tempat yang tepat bagi Anda pecinta makanan. Ada cukup banyak tempat yang menawarkan menu masakan lezat dengan harga terjangkau.

Jadi tidak heran jika banyak orang rela mengantri agar bisa mencicipi menu masakan yang terkenal lezat tersebut. Sesuai dengan namanya wisata kuliner ini akan buka saat malam, yakni mulai dari sore hingga dini hari.

Rekomendasi Kuliner Malam Yogyakarta dengan Menu Lezat

Salah satu alasan mengapa banyak orang ingin berwisata kuliner saat berada di Jogja adalah cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Setidaknya ada beberapa rekomendasi kedai dengan cita rasa lezat  yang bisa Anda coba di malam hari seperti berikut:

1. Soto Sampah

Soto Sampah Jogja, Sumber: bakpiakukustugu.co.id
Soto Sampah Jogja, Sumber: bakpiakukustugu.co.id

Jangan underestimate dulu ya dengan namanya. Namanya si memang Soto Sampah, tapi rasanya kurang lengkap kalau Anda belum mencoba kuliner malam satu ini saat ke jogja. Ternyata nama sampah sendiri bukan tidak punya arti.

Nama tersebut lantaran tampilan menu sotonya yang terlihat ramai karena didukung dengan banyak pelengkap. Menu Soto Sampah menggunakan bahan utama berupa daging ayam sebagai isiannya. Sedangkan kuahnya adalah kuah bening dengan bumbu dan kaya rempah.

Biasanya Soto Sampah akan disajikan bersama nasi putih. Dijamin, meski namanya sampah tapi bicara soal rasa Anda pasti akan ketagihan. Harga per porsi soto Rp 20.000. Jika Anda tidak bisa datang malam tidak perlu khawatir karena kedai ini buka jam 07.00 sampai 03.00.

Lokasi : Jalan Kranggan Nomor .2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta

2. Angkringan Pak Jabrik

Angkringan Pak Jabrik jadi salah satu kuliner malam Yogyakarta yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berada di kawasan Tugu. Ada berbagai macam jenis kudapan yang bisa Anda coba. Rasanya juga lezat meskipun dibanderol dengan harga sangat terjangkau.

Beberapa menu kudapan tersebut diantaranya adalah nasi kucing bukung, aneka jenis sate-satean, gorengan, wedang jahe, bandrek, dan lainnya. Berbeda daripada tempat makan pada umumnya, para pengunjung akan menikmati makanan sambil duduk di atas tikar.

Angkringan Pak Jabrik buka dari pukul 19.30 sampai dengan 04.30. Tinggal sesuaikan saja dengan waktu Anda saat berada di Jogja. Namun perlu diingat ya, semakin malam biasanya pengunjung yang datang akan semakin ramai. Harga menu makanannya mulai dari Rp 4.000.

Lokasi : Jalan Pangeran Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta

3. Wedang Ronde Lek Dhie Milenial

Wedang Ronde Lek Dhie Milenial, Sumber: horego.com
Wedang Ronde Lek Dhie Milenial, Sumber: horego.com

Salah satu minuman hangat yang cocok menemani suasana di Jogja adalah Wedang Ronde. Jika Anda ingin menikmati minuman hangat ini di malam hari maka jangan lupa untuk mampir ke kedai Wedang Ronde Lek Dhie Milenial. 

Sama halnya dengan menu wedang ronde pada umumnya, satu porsi minuman ini akan diisi dengan aneka macam topping. Seperti halnya kacang goreng, potongan dari roti tawar, agar-agar, emping, lalu disiram dengan air kuah jahe. 

Harganya tergolong murah karena hanya dibanderol sebesar Rp 10.000 per porsi. Sedangkan untuk jam operasionalnya buka dari pukul 17.00 hingga 00.00. Hari Senin tutup ya dan buka mulai dari Selasa hingga Minggu.

Lokasi : Jalan Dagen, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

4. Bakmi Mbah Mo

Bosan makan nasi? Maka Bakmi Mbah Mo adalah kuliner malam Yogyakarta yang pas untuk Anda kunjungi. Ada dua pilihan menu bakmi yang bisa Anda pilih yakni bakmi kuah dan bakmi jawa. 

Bakmi Mbah Mo termasuk wisata kuliner yang legend. Sesuai namanya Bakmi Mbah Mo, maka semua pilihan menu makanan yang disajikan menggunakan bahan utama mie. Namun rasanya lezat dan patut untuk Anda coba.

Selain itu ada opsi pilihan sesuai dengan selera yakni bakmi istimewa atau bakmi nyemek. Harga per menunya sangat terjangkau. Jadi Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Datanglah ke Bakmi Mbah Mo antara pukul 17.00 sampai 23.00.

Lokasi : Jalan Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Bantul

5. Gudeg Pawon

Jangan pernah lewatkan untuk mencicipi makanan khas dari Jogja yakni Gudeg. Gudeg Pawon adalah salah satu dari sekian banyak kedai gudeg populer di Jogja yang perlu Anda coba. 

Rasa gudegnya sangat lezat. Paduan antara asin, gurih, dan manisnya sangat terasa. Selain gudeg Anda juga bisa mencoba menu opor ayam yang terkenal memiliki tekstur lembut. Bahkan bumbunya meresap hingga ke dalam.

Kuliner malam Yogyakarta buka dari pukul 17.30 hingga 21.00. Meskipun begitu ternyata menu mereka seringkali ludes terjual setelah dua jam buka. Jadi sebaiknya datang lebih awal ya. Harga per porsinya adalah Rp 25.000.

Lokasi : Jalan Janturan UH/IV Nomor.36, Warungboto, Umbulharjo

6. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari, Sumber: republika.co.id
Sate Klathak Pak Bari, Sumber: republika.co.id

Selain sate Klathak Pak Pong, Anda juga bisa mencoba menu kuliner malam Yogyakarta Sate Klathak Pak Bari. Bahkan berdasarkan cerita yang ada kulineran ini sudah berjualan dari Indonesia belum merdeka.

Pak Bari sendiri adalah penerus generasi ketiga dari pelopor sate Klatak di kawasan Bantul. Salah satu hal yang menjadikan menu satu kedai ini begitu populer adalah potongan daging kambing. Belum lagi ditambah dengan kuah kari yang kaya akan bumbu rempah. 

Satu porsi Sate Klathak Pak Bari dibanderol dengan kisaran harga Rp 20.000 an. Anda bisa datang berkunjung ke sini mulai dari jam 19.00 sampai dengan 00.00. Sate Pak Bari buka setiap hari ya. 

Lokasi : Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo, Bantul

Di atas tadi adalah beberapa rekomendasi kuliner malam Yogyakarta yang populer dan menyajikan menu makan lezat. Apabila Anda dan rombongan butuh armada untuk ke beberapa tempat tersebut maka sewa bus Jogja adalah solusinya.