Di tengah kondisi wabah Covid-19 ini, berbagai lokasi wisata ditutup. Bukan hanya lokasi wisata saja, namun berbagai tempat keramaian juga ditutup. Ini diberlakukan di berbagai daerah termasuk Yogyakarta. Padahal Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata paling ramai di Indonesia karena terdapat spot wisata Intagramable seperti kebun teh Nglinggo dan berbagai tempat lainnya.

Berita terbaru akhir-akhir ini per-bulan April, pantai-pantai di area Gunung Kidul tidak dapat diakses. Hal ini terjadi oleh karena penduduk setempat menutup kampung-kampung mereka. Ini semata-mata dilakukan agar memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Bagaimana dengan lokasi wisata lainnya di Jogja?

Tentu saja hampir di semua tempat demikian. Oleh karena pembatasan jarak, social distancing memang perlu dilakukan, sehingga tempat-tempat yang bisa menjadi lokasi keramaian dan rapat harus ditutup. Namun tetap menarik untuk membahas salah satu lokasi wisata di Jogja ini. Meskipun saat ini tidak bisa dikunjungi, tempat ini bisa menjadi pilihan wisata saat nanti wabah sudah mereda.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo, sumber ig arypurnamaaj
Kebun Teh Nglinggo, sumber ig @arypurnamaaj

Kebun Teh Nglinggo berlokasikan di kawasan Desa Wisata Nglinggo yang berada di puncak pegunungan Monoreh. Sebagai desa wisata, Desa Nglinggo sejak lama telah mendapatkan banyak pengunjung, terutama wisatawan asing. Dan sejak adanya kebun teh di desa tersebut maka Desa Nglinggo pun semakin terkenal.

Mengunjungi Kebun Teh ini pengunjung akan merasakan suasana yang damai dan sunyi, terlebih lagi jika berada di antara pohon teh menambah suasana sejuk dan nyaman. Destinasi wisata ini cocok sekali bagi Anda yang membutuhkan kedamain dan merefreshkan pikiran dari kesibukan rutinitas keseharian.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata ini? jika masih bingung, simak informasi dibawah ini lebih lanjut mengenai Kebun Teh Nglinggo untuk menambah referensi Anda.

Pesona

Wisata Kebun Teh Nglinggo menawarkan keindahan panorama hamparan kebun teh nan hijau dengan dibaluti oleh suasana sejuknya udara pegunungan yang masih murni. Selain itu, karena letaknya yang berada di atas perbukitan Menoreh, Anda dengan puas pula menikmati keindahan alam perbukitan Menoreh dan sekitarnya.

Di lokasi wisata Anda juga bisa melihat dan mempelajari bagaimana para petani memetik teh dengan baik dan benar, bahkan mereka juga mengajak para pengunjung untuk melihat pengolahan teh dan juga menawarkan teh kepada pengunjung untuk diminum.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, cobalah untuk menaiki puncak tertinggi di kebun teh ini. Sebelum menaiki tentu Anda perlu menyiapkan tenaga yang ekstra karena jalur yang harus dilalui lumayan menguras tenaga. Namun rasa lelah Anda akan terbayarkan saat sampai di atas dengan panorama hamparan Kebun Teh yang terlihat lebih jelas dari ketinggian. Puncak Gunung Merapi dan Gunung Sumbing juga bisa dinikmati dari puncak Kebun Teh.

Kebun Teh Nglinggo, sumber ig anton_ariyadi
Kebun Teh Nglinggo, sumber ig @anton_ariyadi

Hal yang tidak kalah dengan pemandangan alam sekitar adalah menikmati keindahan pemandangan sunset dan sunrise yang Ada di Puncak Kebun Teh. Bagi pengunjung yang tidak mau ketinggalan melihat sunrise dapat menginap di tempat wisata ini karena pengelola sudah menyiapkan tempat penginapan.

Selain menikmati wisata alam, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner disini. Telah tersedia beberapa warung yang menyuguhkan makanan dan minuman hangat bagi para pengunjung. Secangkir teh hangat dengan balutan suasana udara khas pegunungan yang sejuk tentu akan menambah kenikmatan setiap seruputan teh Anda.

Dan yang tidak kalah penting adanya beberapa spot untuk berfoto yang telah disediakan di sekitar Kebun Teh Nglinggo. Spot berfoto yang paling banyak diminati oleh pengunjung adalah gardu pandang karena memiliki latar belakang pemandangan yang memukau dan membuat hasil foto Anda menjadi instagramable.

Lokasi

Kebun Teh Nglinggo berlokasikan di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dihitung dari titik 0 Kilomter Kota Jogja, Kebuh Teh Nglinggo memiliki jarak sekitar 38 Kilomter.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo yang ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan atau aksesibilitas dari dan menuju kebun Teh Nglinggo ini sudah layak dan bagus. Jika Anda berkunjung ke lokasi, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan.

Rute

Rute menuju Kebun Teh Nglinggo bisa diakses dari beberapa jalur, karena titik keberangkatan masing-masing pengunjung tentu tidaklah sama. Apabila keberangkatan dari pusat Kota Yogyakarta, ambilah arah barat di jalan Jalan Kh. Ahmad Dahlan, kemudian lurus melewati Jalan Wates hingga berbelok menuju utara sampai di perempatan jalan ringroad barat.

Kebun Teh Nglinggo, sumber ig mz.haehokya
Kebun Teh Nglinggo, sumber ig @mz.haehokya

Setelah sampai perempatan ambilah jalan menuju arah barat yaitu Jalan Godean, belok menuju arah utara ke Jalan Gedongan – Tempel, jalan terus sampai di pertigaan ke arah barat melewati Jalan Daratan 3, sampai pertigaan ke arah utara kemudian ke arah barat, lurus terus sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Kebon Agung lalu di pertigaan ke arah barat ke Jalan Raya Banjararum, kemudian lurus terus sampai ke Jalan Samigaluh Loano, sampai pertigaan ke arah barat ke Jalan Nglinggo Barat.

Harga Tiket

Untuk dapat menikmati segala keindahan yang ditawarkan oleh Kebun Teh Nglinggo Anda hanya cukup untuk membayar tiket seharga 5000 rupiah. Sedangkan untuk membayar biaya parkir Anda membayar 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk parkiran mobil.

Fasilitas

Mengenai fasilitas, Kebun Teh Nglinggo sudah tersedia lumayan lengkap. Berikut ini adalah fasilitas yang akan Anda temukan ketika berkunjung ke lokasi wisata : Toilet, Mushola, Tempat Parkir, Warung Makan dan Minuman, Penginapan, Tempat Istirahat.

Itu dia salah satu lokasi wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di Jogja saat pandemi Corona sudah mereda. Semoga informasi ini dapat menjadi gambaran keindahan lokasinya. Simak informasi seputar spot-spot wisata Jogja lainnya di halaman jogjarafira.com.