Jogja merupakan surganya obyek wisata. Banyak obyek-obyek wisata yang bisa dikunjungi kapan saja terutama pada saat masa berliburan tiba. Jenis wisata yang ditawarkan juga beragam, mulai dari wisata kuliner hingga budayapun ada di kota ini. Wajar saja jika Jogja terkenal dengan kota berbudaya. Meskipun banyak hal teleh berkembang mengikuti gaya modern, tetapi Kota Jogja masih dengan ciri khas kebudayaannya. Sebagai salah satu pusat kebudayaan jawa, ada banyak pusat oleh-oleh tradisional yang bisa dibeli sebagai cinderamata untuk keluarga. Mulai dari kuliner tradisional, souvenir tradisional hingga kain tradisional khas Jogja yang terkenal sehingga Jogja menjadi salah satu tempat wisata belanja batik di Indonesia.

Jogjakarta terkenal dengan batik khasnya yang sering dicari oleh para wisatawan. Berlibur ke daerah istimewa ini belum lengkap rasanya jika belum membeli batik. Banyak destinasi wisata juga menawarkan batik dengan motif yang beragam. Bukan hanya tempat-tempat pusat perbelanjaan, bahkan terdapat desa wisata batik yang selain menjual batik juga menyediakan program pelatihan membatik baik untuk wisatawan maupun untuk pengrajin.

Referensi Tempat Recommended Untuk Mencari Batik

Sebenarna Jogja memiliki banyak sekali lokasi pusat perbelanjaan. Beberapa lokasi dikenal dengan harga barang-barangnya yang terjangkau. Begitupun untuk belanja batik Jogja. Terdapat banyak tempat yang bisa dikunjungi. tetapi jangan khawatir untuk bingung memilih, karena berikut ini, redaksi sewa bus wisata Jogja akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata belanja batik di Jogja yang bisa Anda kunjungi.

1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo termasuk salah satu pusat penjualan batik yang ada di Jogjakarta. Pasar yang letaknya di sebelah selatan jalan malioboro ini sering dipadati oleh wisatawan saat weekend maupun hari biasa. Di pasar ini koleksi batik sangat lengkap, dari kain batik sampai pakain batik yang sudah jadipun ada. Pilihan bahan kainpun beraneka macam, mulai dari katun hingga sutra. Motif batiknyapun juga beragam ada batik Jogja, Solo, maupun motif dari daerah lainnya. Harga batiknya juga tergolong murah sekaligus bisa ditawar dan mempunyai kualitas tinggi.

Tips jika sedang berbelanja batik di Pasar Beringharjo adalah tawar-menawar yang baik. Tak perlu sungkan menawar setengah dari harga yang ditawarkan oleh penjual, karena biasanya harga sudah dinaikkan terlebih dahulu. Pasar ini cocok untuk membeli oleh-oleh batik dalam jumlah yang banyak. Penggunaan bahasa jawa saat penawaran bisa membuat harga batik sedikit lebih murah.

2. Kampung Giriloyo

Destinasi wisata lain yang recommended untuk mencari batik di Jogjakarta bisa di temukan di kampung Giriloyo. Kampung ini terletak di Desa Wukirasari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Salah satu pengrajin batik yang ada di Jogja ini memberikan suasana berbeda bagi para pengunjung. Berbeda dengan tempat penjualan lainnya, Giriloyo memperbolehkan untuk para wisatawan melihat proses pembuatan batik. selain itu, kampung ini menyediakan pelatihan selama 2 jam bagi yang penasaran dan berkeinginan belajar membatik.

Tempat Wisata Belanja Batik Pasar Beringharjo, sumber ig zulfaliaa

Tempat Wisata Belanja Batik Pasar Beringharjo, sumber ig @zulfaliaa

Batik tulis menjadi ikonik daya tarik yang dimiliki kampung Giriloyo. Harga yang ditawarkanpun beragam, dari ratusan hinngga jutaan rupiah. Meskipun cukup mahal namun batik tulis yang dihasilkanpun juga berkualitas tinggi karena pembuatan batiknya bisa mencapai 1,5 bulan.

3. Malioboro

Mirip dengan pasar Beringharjo, di sepanjang jalan Malioboro banyak pedagang emperan yang menjualkan batik. destinasi ini kerap kali dikunjungi oleh wisatawan untuk memborong oleh-oleh terutama batik khas Jogjakarta. Suasana yang ramai dan padat menjadikan sedikit lebih susah untuk mencari batik. tempat dengan suasana yang lebih nyaman untuk membeli batik bisa mendatangi toko-toko di jalan Malioboro.

4. Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem bisa dikatakan salah satu yang tertua di Jogja. Kampung batik ini sudah terkenal sejak tahun 70-an yang berlokasi di jalan ngasem Kauman Jogja. Di jalan ini Anda bisa menemukan banyak sekali penjual batik khas dengan aneka pilihan. Namun memang harga-harga batik di sini cenderung agak tinggi. Tetapi hal ini adalah berdasarkan kualitas dan keaslian batik-batik yang dijajakan di kampung batik yang satu ini.

Demikian beberapa tempat wisata belanja batik di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Semoga ulasan ini dapat menambah koleksi informasi Anda dan simak juga ulasan lainnya terkait informasi dan tips wisata Jogja di halaman jogjarafira.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda!