Candi Prambanan Jogja adalah salah satu spot wisata yang tidak bisa dilewatkan. Jika berkunjung ke Candi Prambanan Jogja maka Anda akan disebut pernah ke Jogja. Meskipun begitu, masih banyak terdapat berbagai tempat lainnya untuk dikunjungi di Jogja yang tidak kalah mempesona. Spot ini memiliki daya tarik keindahan, sejarah serta kebudayaan.

Jika Anda berwisata ke Jogja, mengunjungi lokasi ini relatif mudah. Terdapat jasa sewa bus, jasa paket wisata, rental mobil wisata dan lainnya yang bisa Anda manfaatkan. Jika ingin mengunjungi secara langsung, simak informasi di bawah ini.

Lokasi dan Rute

Candi Prambanan adalah sebuah candi yang dibangun sejak zaman kerajaan dahulu. Dimana hingga sekarang Candi tersebut masih berdiri dan dijaga kelestarianya. Wisata Candi ini menjadi salah satu objek wisata yang sering dijadikan sebagai wisata edukasi dan pembelajaran.

Wisata Candi ini berada di daerah Bokoharjo kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Jogja. Anda dapat mencari lokasi Candi ini melalui google maps. Karena lokasi tersebut sudah tersedia melalui situs android atau online. Untuk jam buka objek wisata candi ini setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Candi Prambanan, sumber ig snaptrip.id
Candi Prambanan, sumber ig @snaptrip.id

Untuk menuju ke obyek wisata bersejarah ini dari Kota Jogja sangat mudah. Hanya tinggal mengikuti Jalan Jogja – Solo ke arah timur menuju Klaten. Saat hampir menuju perbatasan Jogja – Jawa Tengah, Anda akan menemukan bangunan di sebelah utara yang sangat jelas terlihat merupakan Candi Prambanan.

Karena berada di Jalan Provinsi, rute relatif aman namun padat pada hari libur dan jam sibuk. Meskipun hanya 16 km dari Jogja, namun bisa sampai lebih lama apabila berkunjung saat masa liburan. Disarankan menggunakan kendaraan bermotor roda empat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket yang diberikan berbeda-beda. Dilihat dari umur dan juga warga negara. Untuk wisatawan asing dewasa sekitar USD 18 per orang dan untuk anak-anak USD 9 per orang. Sedangkan untuk wisatawan domestik dewasa Rp. 40.000 per orang dan anak-anak Rp. 20.000 per orang. Dengan harga tersebut, Anda dapat melihat dan menikmati berbagai objek wisata dan edukasi yang ada di lokasi Candi tersebut.

Sejarah Singkat Candi Prambanan

Di Indonesia memang terdapat banyak candi. Bahkan Candi Borobudur masuk dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia. Hal tersebut menandakan bahwa Indonesia mempunyai keberagaman budaya dan suku yang beragam. Candi Prambanan sudah menjadi warisan dunia yang harus dijaga dan dilestasikan dengan baik.

Candi yang indah tersebut mempunyai histori sendiri yang sudah banyak diketahui semua orang. Kejadian tersebut berawal dari legenda Roro Jonggrang yang menjadi asal-usul dari Candi tersebut. Pembangunan candi tersebut dimulai oleh raja Mataram Kuno atau yang dikenal dengan nama Bandung Bondowoso untuk menjadi syarat agar dapat menikahi Roro Jonggrang tersebut. Candi tersebut harus dibangun hanya dalam waktu semalam saja.

Candi Prambanan, sumber ig jogjaviral
Candi Prambanan, sumber ig @jogjaviral

Roro Joggrang memberikan syarat untuk membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Bandung Bondowoso memang mempunyai kesaktian sehingga ia menyanggupi permintaan tersebut. Sehingga Bandung hampir berhasil membangun 1000 candi dengan bantuan para jin. Karena Roro Jonggrang tidak ingin menikah dengan Bandung, akhirnya ia mencari cara untuk menggagalkan pembangunan candi tersebut.

Akhirnya Roro Jonggrang menabuh lesung agar ayam berkokok. Dari suara tersebut akhirnya para jin bergegas pergi sehingga pekerjaan candi masih belum selesai. Candi yang dibangun hanya 999 candi, sehingga Bandung Bondowoso gagal memenuhi syarat tersebut. Karena kemarahanya, akhirnya ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang ke 1000. Dan hingga saat ini candi tersebut masih berdiri dan dilestarikan dengan baik.

Bagian Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu candi yang menarik selain Candi Ijo. Selain historinya yang menarik, terdapat banyak relief yang menyambung menjadi cerita kehidupan pada masa lalu. Candi tersebut mempunyai beberapa bagain yaitu.

1. Pelataran

Zona pelataran adalah bagian luar candi. Untuk bagian luar ini mempunyai relief yang indah dan mempunyai nilai seni tinggi. Relief tersebut juga mempunyai arti dan makna yang tersirat dari histori Candi tersebut.

2. Zona tengah

Zona tengah candi berada di bagian atau lokasi candi tersebut. Anda dapat melihat berbagai candi yang menurut sejarah jumlahnya 1000 candi tersebut.

3. Zona dalam

Zona dalam merupakan zona yang ada didalam candi tersebut. Di dalam zona ini mempunyai berbagai cerita yang menyambung menjadi satu cerita kehidupan pada masa lalu.

Candi Prambanan, sumber ig dewitarahmayana
Candi Prambanan, sumber ig @dewitarahmayana

Candi-candi Pendukung

Selain Candi Prambanan, terdapat juga candi lain yang menjadi pendukung dari destinasi wisata di Jogja ini. Candi tersebut meliputi.

1. Candi Wahana

Candi ini disebut juga candi tunggangan para dewa. Candi tersebut dibangun di depan candi dewa yang dilayani. Candi tersebut mempunyai beberapa macam, sesuai dengan dewa yang bersangkutan.

2. Candi Apit

Candi Apit mempunyai dua macam yang berada di sebelah selatan dan utara. Candi ini berada dibarisan utama Candi Prambanan. Didalamnya terdapat relief dewi yang dipercaya sebagai dewi Saravrati.

3. Candi Pendamping

Candi pendamping ini menjadi daya tarik dari objek wisata di Prambanan. Candi tersebut mempunyai 4 susunan yang menggambarkan kasta umat Hindu.

Itu dia berbagai informasi terkait Candi Prambanan Jogja untuk Anda. Semoga informasi ini dapat membantu sekaligus menjadi referensi wisata Anda di Jogja. Simak ulasan menarik lainnya terkait obyek wisata Pantai Parangtritis Jogja di halaman jogjarafira.com. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan berikan di kolom komentar dan bagikan artikel ini.