Jogja sudah terkenal dengan destinasi objek wisata yang lumayan banyak. Sehingga selain berkunjung ke jogja untuk kerja atau yang lainnya, banyak yang sengaja berkunjung untuk menikmati objek wisata jogja yang berada di Jogja.

Di karenakan Jogja juga masih kental dengan adat, di jogja pun juga terdapat objek wisata yang benbentuk candi, yang terkenal ada candi Prambanan dan candi Borobudur yang berada di dekat Jogja tepatnya ada di Magelang. Namun selain dua candi terkenal tersebut masih ada candi-candi yang lain yang berada di Jogja, salah satunya adalah candi Ijo yang menjadi objek wisata di Jogja.

Menikmati Indahnya Sunset di Candi Ijo Jogja

Candi ijo merupakan candi yang letaknya berada di sebelah timur kota jogja dan berada di sebuah puncak perbukitan dan karena tempatnya yang berada di puncak ini sehingga akses jalan untuk menuju ke candi ijo pun memiliki jalan yang sangat menanjak.

Objek wisata candi ijo ini memiliki ke unikan tersendiri di bandingkan candi – candi yang lainnya yang banyak di temui di daerah yogyakarta. Candi ijo ini berada di tanah yang sangat tinggi di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut sehingga anda dapat melihat dataran wilayah jogja bahkan anda juga dapat melihat landasan pacu.

Akses jalan menuju candi ijo

Untuk perjalanannya sudah sangat di mudahkan karena sepanjang perjalanan menuju ke Candi Ijo sudah menggunakan aspal sehingga dapat dilalui dengan mudah menggunakan kendaraan sepeda motor maupun juga menggunakan mobil ataupun dengan bus.

Akan tetapi, karena candi ijo ini berada di tempat yang tinggi maka perjalanan seringkali ditemui jalan yang sangat menanjak dan juga berkelok – kelok. Sehingga anda harus berhati – hati dalam menuju candi ijo tersebut karena jalannya juga tidak terlalu lebar dan karena terdapat objek wisata yang bisa dilalui jalan tersebut, banyak motor, mobil, dan bus yang berlalulalang di jalan tersebut.

Anda juga bisa melakukan sewa bus jogja untuk kemudahan perjalanan anda ke objek wisata candi ijo. Jika memang anda kesulitan untuk melakukan perjalanan ke candi ijo. Selain itu anda juga bisa diantarkan ke objek lain dengan dengan sewa bus ini.

Pemandangan Wiayah Candi Ijo
Pemandangan Wiayah Candi Ijo. src: Google Maps

Tiket masuk yang murah

Wisata di jogja memang terkenal dengan wisatanya yang memiliki tiket masuk tergolong dalam kategori murah termasuk dengan wisata candi ijo ini yaitu untuk dewasa sebesar Rp 5.000,- dan untuk anak – anak hanya dengan membayar Rp. 3.000,- saja.

Dengan harga seperti ini anda sudah dapat berkeliling di wisata candi ijo dan dapat menikmati berbagai fasilitas yang di sediakan serta dapat berkeliling dengan candi – candi di tempat tersebut dan kemudian dapat berfoto dengan sepuasnya. Kemudian, anda juga sudah dapat menikmati indahnya sunrise maupun juga sunsite di dalam wisata candi ijo tersebut.

Keindahan candi ijo

Ada banyak keuntungan dan kegiatan yang dapat anda lakukan jika berkunjung ke tempat objek wisata di candi ijo ini yaitu beberapa di antaranya adalah :

Menikmati Kompleks Candi Ijo

Kompleks Candi Ijo
Kompleks Candi Ijo. src: Google Maps

Sesuai dengan namanya yaitu candi ijo tempat ini dipenuhi dengan warna ijo atau hijau oleh rerumputan sehingga nuansanya sangat kental dengan warna hijau. Hal tersebut memberikan kesan yang sangat sejuk serta angin yang berembus membuat anda ingin bersantai di tempat tersebut menikmati indahnya pemandangan.

Kemudian, yang lebih penting adalah candinya itu sendiri. candi ijo ini memiliki kompleks candi yang bercorak hindu dan khas sekali dengan budaya hindu. Anda juga dapat belajar mengenai sejarah sehingga tidak hanya kepuasan menikmati keindahannya saja namun juga anda dapat belajar dan dapat memahami lebih dalam tentang sejarah.

Candi ijo ini memiliki empat candi dan satu di antaranya tersebut adalah candi utamanya. Letak dari candi utama ini yaitu berada di belakang dan memiliki ukuran yang paling besar serta 3 candi lainnya seperti mengawal dari candi utama tersebut dan ukurannya pun lebih kecil dibandingkan dengan candi utama.

Berfoto di Candi Ijo

Berfoto di Candi Ijo
Berfoto di Candi Ijo

Selain itu, anda dapat berfoto di candi – candi yang berada di candi ijo tersebut dan menikmati indahnya pemandangan yang di suguhkan pada candi ijo tersebut. Karena terletak pada ketinggian, pemandangan di sekitar di Candi Ijo ini juga bagus sekali untuk dinikmati. Pemandangan tersebut berupa bukit-bukit sekitar dan juga pemandangan area jogja dari ketinggian. Dan masih banyak sekali yang bisa di lihat dari tempat candi ijo tersebut.

Melihat Pemandangan Sunset di Candi Ijo

Wisata Candi Ijo
Wisata Candi Ijo. src : IG @joeluluk

Pada saat sore hari di candi ijo ini anda dapat melihat sunset atau matahari tenggelam yang memiliki warna yang sangat indah tersebut. di candi ijo ini anda dapat melihat sunset dengan sangat jelas dan seringkali memiliki warna jingga khas senja yang sangat indah jika di lihat dari posisi di depan candi ijo yang utama tersebut. Bahkan banyak pengunjung yang ke candi ijo hanya untuk melihat indahnya sunset di candi ijo. Namun bisa saja terjadi pada saat sunset anda hanya melihat awan berwarna jingga saja, karena pada saat kondisi matahari tertutup dengan awan.

Demikian yang bisa kami ulas mengenai objek wisata candi ijo jogja. Selain anda berkunjung ke candi ijo ini, anda juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain yang berdekatan dengan candi ijo ini. Diantaranya adalah Tebing Breksi Jogja, Bukit Srumbung Indah, Batu Papal dan masih banyak yang lainnya.