Yogyakarta memiliki banyak spot wisata instagramable. Terdapat hutan pinus, taman bunga, kebun buah, pantai dan tempat-tempat lainnya yang menjadi daya tarik bagi para fotografer atau siapapun yang hobi selfie. Kebanyakan tempat-tempat tersebut dikunjungi di saat cuaca cerah di siang hari. Berbeda dengan Bukit Bintang.

Tidak banyak spot wisata yang bisa dijadikan spot foto di malam hari. Padahal sebenarnya pemandangan kota Jogja pada malam hari begitu menakjubkan. Nah, jika Anda penasaran dengan spot foto yang menyajikan pemandangan indah di malam hari, Bukit Bintang bisa menjadi salah satu pilihannya.

Spot Foto Bukit Bintang Patuk

Bukit Hargo Dumilah adalah sebutan lain dari spot wisata ini. Sebelumnnya Bukit Bintang hanya sekedar persinggahan sebelum perjalanan menanjak untuk naik ke atas menuju Kabupaten Gunung Kidul. Namun lama kelamaan tempat ini semakin menarik karena pemandangan yang terlihat dari tempat ini.

Bukit Bintang, sumber ig javascenery
Bukit Bintang, sumber ig @javascenery

Bukit Bintang Patuk adalah salah satu spot foto di Yogyakarta. Saat siang hari, tempat ini menyajikan pemandangan landscape Kota Jogja yang indah dengan paduan hijaunya alam dan atap rumah yang berwarna warni. Pada malam hari, pemandangannya lebih mempesona. Karena tampak kerlap kerlip lampu di tengah gelap malam.

Dinamakan bukit bintang karena berada di bukit dan memiliki pemandangan kerlap kerlip lampu pada malam hari. Jadi sebelum zamannya media sosial, tempat ini memang sudah menjadi tempat nongkrong dari sore hingga malam hari untuk melihat pemandangan ini.

Ketinggiannya kurang lebih 150 mdpl. Sedangkan gardu pandangnya bisa mencapai Gunung Merapi di utara dan Gunung Merbabu di barat Jogja. Tempat ini layaknya lereng Gunung Kidul yang berada di selatan Yogyakarta yang bisa menjadi tempat melihat pemandangan Kota dari timur ke barat.

Di sekitar tempat ini sudah terdapat berbagai restoran dan cafe. Bahkan ada yang buka selama 24 jam. Karena biasanya memang pengunjung sengaja datang untuk menyaksikan pemandangan pada waktu-waktu tertentu seperti saat sunset, malam hari dan sunrise. Jadi tempat ini akan ramai sejak sore hingga pagi hari.

Siapapun yang ingin mengunjungi berbagai obyek wisata di Gunung Kidul seperti Bukit Nglanggeran, Pantai-pantai di Gunung Kidul, Air Terjun Sri Gethuk dan berbagai tempat wisata lainnya pasti akan melewati bukit Hargo Dumilah. Jadi saat Anda ingin berwisata ke Gunung Kidul, bisa meminta layanan rental bus Jogja untuk melewati tempat ini untuk mengetahui daya tariknya.

Bukit Bintang, sumber ig suprianto2164_aris
Bukit Bintang, sumber ig @suprianto2164_aris

Lokasi dan Rute

Bukit Hargo Dumilah ini berada di km 15-17 Jalan Wonosari menuju ke arah Gunung Kidul. Tepatnya sebelum perbatasan masuk Kabupaten yang terkenal dengan berbagai pantai eksotisnya ini. Gapura yang menjadi pintu masuk Kabupaten ini juga dikenal unik karena berada di lereng bukit yang menanjak dengan taman dan monumennya.

Bukit Hargo Dumilah ini memang sederetan dengan berbagai spot foto lainnya yang terdapat di sekitaran Dlingo dan Patuk. Seperti hutan pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Pinus Pengger dan spot foto lainnya yang berjejer dari Kecamatan Dlingo hingga ke Kecamatan Patuk.

Untuk menuju ke lokasi ini, banyak alternatif transportasi selain menggunakan kendaraan mobil. Lokasi ini bisa diakses menggunakan bus wisata Jogja apalagi kendaraan yang lebih kecil daripada bus. Biasanya para wisatawan juga ingin mencoba melintasi jalur pendakian lereng bukit ini dengan bersepeda karena hobi. Namun ada juga yang tetap menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Kota Jogja, untuk menuju ke lokasi Anda hanya perlu mengarah ke timur hingga berada di Jalan Wonosari. Kemudian dilanjutkan melewati Kecamatan Piyungan hingga naik ke bukit pegunungan seribu. Bukit Hargo Dumilah ini seperti deretan tempat makan yang berbatasan langsung dengan tebing jurang dan terdapat pemandangan di sebelah baratnya.

Kondisi jalan relatif bagus dengan track yang berkelok kelok dan menanjak pada beberapa bagian. Sehingga sebaiknya tidak menggunakan kendaraan matic roda dua. Apabila mengemudi, Anda harus berpengalaman karena Jalan Wonosari adalah jalan utama yang dilintasi Bus dan kendaraan besar lainnya meskipun menanjak.

Jarak dari Kota Jogja sepanjang 16 km dengan waktu tempuh diperkirakan 30 menit. Hanya saja, saat weekend dan hari libur panjang, jalur Jalan Wonosari menuju Gunung Kidul terbiasa sangat padat dan bahkan macet. Sehingga Anda perlu menentukan momen yang pas untuk menuju ke lokasi.

Informasi Tambahan

Spot Foto di Bukit Bintang, sumber ig zanariah17
Spot Foto di Bukit Bintang, sumber ig @zanariah17

Bukit Hargo Dumilah bukanlah tempat yang dipugar dan dijadikan spot wisata. Hanya sekedar jalan  di sisi bukit yang menjadi gardu pandang untuk menyaksikan pemandangan landscape Kota Jogja. Sehingga tidak ada biaya masuk apa-apa. Hanya sekedar singgah menikmati pemandangan dan berfoto.

Tetapi untuk parkir atau singgah di restoran atau di tempat makan yang ada di sekitar lokasi akan berbeda. Tentu saja ada biaya yang perlu dikeluarkan sesuai kebutuhan. Karena memang terdapat salah satu tempat makan yang bangunannya menjadi spot yang paling pas untuk menikmati pemandangan di sekitar lokasi ini.

Anda bisa menikmati berbagai makanan, mulai dari makanan ringan seperti jagung bakar hingga makanan berat di restoran. Apabila membutuhkan toilet, rekomendasi kami adalah di mushola atau masjid terdekat yang terdapat di sekitar lokasi.

Itu dia berbagai informasi terkait Bukit Bintang Patuk yang cocok untuk menjadi spot foto yang berlatarkan pemandangan Kota  Jogja. Semoga bisa menjadi informasi yang menarik dan bermanfaat untuk dijadikan referensi berwisata di Jogja. Simak berbagai informasi wisata Jogja lainnya di halaman jogjarafira.com.