Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Di daerah ini terdapat banyak sekali spot wisata yang bisa dikunjungi mulai dari air terjun, bukit, hutan wisata, desa wisata, kota bahkan pasarnya juga dapat dinikmati sebagai spot wisata. Namun, dalam situasi pandemi Covid-19, apakah berwisata meskipun sudah dalam penerapan new normal merupakan kegiatan yang disarankan?

Fasilitas wisata di Jogja juga terbilang memadai. Transportasi seperti bus wisata, berbagai tempat kuliner, berbagai penginapan dan tempat jual oleh-oleh melengkapi aktivitas wisata di berbagai lokasi wisatanya. Namun, bagaimana kondisi Yogyakarta selama adanya pandemi Covid-19, apakah terhitung sebagai daerah yang banyak penyebarannya?

Kondisi Sektor wisata saat pandemi

Bisnis wisata dan jasa wisata saat pandemi Covid-19 termasuk salah satu sektor perekonomian yang babak belur. Karena virus ini masih belum ditemukan obatnya, sehingga, mencegah penyebaran dengan tidak berkumpul dan menghindari keramaian adalah solusi tepat yang harus dijalankan. Solusi ini tentu saja berdampak signifikan terhadap wisata di Indonesia, salah satunya Yogyakarta.

Lokasi wisata harus ditutup dan tidak boleh dikunjungi. Otomatis, pelaku bisnis wisata termasuk jasa fasilitas wisata juga terkena imbasnya. Transportasi udara yang menjadi pintu masuk wisatawan asing yang dapat memberi keuntungan secara perekonomian di Indonesia juga berhenti beroperasi. Maka, selama penerapan social distancing, obyek wisata otomatis menjadi kosong dan pelaku bisnisnya tidak mendapat pemasukan sama sekali.

Ilustrasi New Normal, sumber : detikHealth
Ilustrasi New Normal, sumber : detikHealth

Penerapan New Normal

Setelah berselang beberapa waktu menerapkan social distancing, negara-negara di dunia mulai punya cara untuk menekan penyebaran virus. Sehingga perolehan penyebaran virus di beberapa negara dengan caranya masing-masing menghasilkan angka 0. Artinya, dalam periode tertentu, penyebaran berhenti. Setelah kondisi ini, negara-negara di dunia mulai punya gagasan baru.

Gagasan baru yang diterapkan yaitu new normal. Karena sebenarnya virus masih tetap eksis, sehingga penyebarannya tetap perlu dihentikan. Karena itu, new normal adalah cara hidup yang baru, dimana orang-orang sudah melakukan aktivitas senormal mungkin namun dengan perhatian ketat melakukan prosedur kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

Dengan penerapan new normal, diharapkan aktivitas perekonomian dapat berjalan kembali. Sehingga aktivitas ibadah dan pendidikan berjalan kembali, perkantoran juga mulai beroperasi termasuk pariwisata. Namun tentu saja, pariwisata tidak diutamakan dibandingkan dengan sektor lainnya untuk penerapan new normal ini.

Wisata Jogja Saat New Normal

Yogyakarta tentu masih tetap memberikan perhatiannya dalam sektor pariwisata saat pandemi. Karena itu, saat ada gagasan new normal, jajaran pemerintahan Provinsi Yogyakarta berusaha menormalkan kembali berbagai sektor perekonomian di Jogja termasuk pariwisatanya.

Pantai di Jogja, sumber : WisataBaru.Com
Pantai di Jogja, sumber : WisataBaru.Com

Rencananya Yogyakarta akan menerapkan new normal pada Juli mendatang. Namun, dilansir dari situs suara Jogja, Sultan Hamengkubowono X tidak ingin tergesa-gesa. “Kita lihat nanti perkembangannya gimana kan pasien positif covid-19 yang di rumah sakit masih banyak. Jangan tergesa-gesa,” ungkap Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (29/05/2020) siang.

Karena penerapan new normal memang harus dibarengi dengan kedisiplinan para warganya. Sehingga kepastian mengenai pembukaan sektor wisata di Jogja menunggu perkembangan terkait bagaimana hasil penerapan new normal nantinya. Ini semua demi kebaikan bersama tentunya.

Tips Wisata Saat New Normal

Apabila penerapan new normal lancar, maka peluang pembukaan obyek-obyek wisata akan semakin besar. Hal ini tentu menjadi berita baik bagi sebagain besar masyarakat. Karena selama penerapan social distancing, mengunjungi lokasi wisata menjadi aktivitas yang diidam-idamkan sebagai sarana melepas penat dan bosan karena harus terus di rumah.

Namun perlu tetap dipahami, bahwa kondisinya masih tetap tidak normal sebagaimana kemarin saat belum ada pandemi. Bahwa keadannya adalah new normal, dimana kegiatan dan aktivitas boleh dilakukan namun memperhatikan prosedur kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata, saat nanti sudah boleh dibuka kembali, berikut beberapa tips agar tetap aman :

1. Pilih lokasi yang sepi

Meskipun nanti berbagai lokasi wisata akan dibuka, namun pilihlah lokasi wisata yang akan Anda kunjungi. Kunjungi spot wisata yang tidak ada pengunjung. Jika tidak ada, Anda masih bisa mengunjungi spot wisata yang pengunjungnya dibatasi sehingga tidak terlalu ramai (sepi).

Spot Wisata Jogja Saat Pandemi, sumber : Tirto.ID
Spot Wisata Jogja Saat Pandemi, sumber : Tirto.ID

2. Jangan terburu-buru menikmati wisata

Saat berada di lokasi wisata, janganlah terburu-buru. Sebaiknya nikmati spot wisata yang Anda kunjungi dengan menikmati pemandangannya saja. Apabila Anda di lokasi wisata seperti pantai, tidak perlu berenang atau bermain air hingga kondisi benar-benar aman. Cukupkan waktu untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan saja agar tetap aman.

3. Hindari kontak langsung

Saat berada di lokasi wisata, meskipun bisa jadi pengelola lokasi sudah mensterilkan tempat, namun sebisa mungkin tidak menyentuh berbagai benda atau tempat di lokasi wisata. Apabila terlanjur menyentuh, segera pakai hand sanitizer. Sehingga Anda bisa mencegah infeksi virus.

4. Batasi waktu kunjungan

Untuk sementara waktu, sekedar melepas kebosanan dengan memperhatikan tempat wisata yang indah saja sudah cukup. Selain itu, batasilah waktu kunjungan Anda. Tidak perlu berlama-lama. Dengan tidak berlama-lama, maka peluang penyebaran akan dapat ditekan dan giliran kunjungan bagi wisatawan lain juga akan tersedia.

5. Perhatikan kondisi tubuh

Yang paling penting tentu saja kondisi tubuh. Apabila Anda sedang sakit, jangan mengunjungi lokasi wisata sama sekali. Jika kondisi tubuh Anda baik-baik saja, pastikan Anda memiliki kekebalan tubuh yang baik dengan mengkonsumsi makan bergizi, multivitamin serta berolahraga yang cukup.

Itu dia berbagai informasi seputar wisata saat new normal nanti. Semoga dapat memberikan antisipasi dan membantu Anda. Simak berbagai informasi wisata Jogja lainnya di halaman rafirajogja.com.