Bagaimana Anda akan menghabiskan waktu liburan Anda? Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Bisa dengan cara beristirahat, melakukan hobi, berkumpul bersama keluarga dan berwisata. Jika Anda memilih untuk berwisata, mungkin inilah pilihan yang paling tepat. Wisata memang menjadi pilihan untuk menyegarkan kembali pikiran setelah sehari-hari padat beraktivitas dengan kesibukan yang luar biasa. Lantas bagaimana Anda akan merencanakan aktivitas liburan Anda?

Berwisata tidak harus mahal dan mengunjungi tempat-tempat eksotis. Wisata juga tidak identik dengan aktivitas outdoor. Wisata juga tidak harus mengunjungi destinasi wisata yang berada di luar kota menggunakan rental bus Jogja. Pada umumnya, sebuah kota sudah pasti menyediakan beragam hal yang membuat Anda dapat berwisata. Dengan waktu liburan yang mepet, wisata di dalam kota bisa menjadi pilihan Anda. Berikut adalah tips wisata kota yang bisa Anda simak.

1. Mengunjungi landmark atau objek-objek khas yang ada di dalam kota

Anda bisa memulai wisata dalam kota Anda dengan mengunjungi bangunan, monumen, atau patung-patung yang memiliki nilai sejarah dan budaya. Dengan mengunjungi objek-objek tersebut, Anda bisa sekalian mempelajari dan memahami mengenai kota yang Anda tinggali atau kunjungi.

2. Wisata edukasi dengan mengunjungi museum atau kebun binatang

Museum akan selalu menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan secara umum. Selain museum, kebun binatang juga merupakan destinasi wisata yang tidak bola Anda lewatkan. Ajak serta anak Anda untuk memberikan buah hati Anda pengalaman melihat beragam flora dan fauna.

3. Bersantai di taman kota

City Center Beirut Lebanon, sumber ig 11matt.baggs11

City Center Beirut Lebanon, sumber ig @11matt.baggs11

Kunjungilah taman kota ketika cuaca cerah. Menikmati cuaca cerah serta suasana kota melalui taman kota merupakan salah satu cara terbaik untuk mengenal dan menikmati kota yang Anda kunjungi. Jangan lupa foto-foto. Ini bisa jadi merupakan tips wisata kota terpenting. Selain untuk mendokumentasikan aktivitas Anda, selalu ada momen menarik dan unik yang bisa Anda foto atau rekam ketika berwisata. Entah itu terjadi ketika Anda berkelili kota atau mengunjungi objek tertentu.

4. Berkeliling kota

Anda bisa berkeliling kota melalui transportasi umum yang tersedia. Anda juga bisa berkeliling dengan kendaraan pribadi. Dengan berkeliling kota, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai sebuah kota. City tours merupakan salah satu kegiatan wisata yang tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin mengetahui banyak hal mengenai sebuah kota.

5. Wisata kuliner

Luangkan waktu Anda untuk mencoba beragam makanan dan minuman yang tersedia. Sebuah makanan selain akan membuat Anda mendapatkan kenikmatan ketika dimakan selalu memiliki nilai budaya dan identitas dari sebuah kota. Anda bisa memahami lebih jauh mengenai karakter orang yang tinggal dengan menyantap makanan khas dan tradisional yang tersedia. Selain itu, berwisata kuliner memang merupakan agenda wajib ketika berwisata. Dengan begitu, Anda akan merasakan sensasi tersendiri dalam perjalanan wisata Anda.

6. Mengunjungi pusat perbelanjaan

Salah satu yang tidak bisa lepas dari keramaian kota adalah pusat perbelanjaan. Seluruh warga baik wisatawan maupun bukan sudah memahami, bahwa tempat berbelanja biasanya memang berlokasi di pusat kota. Maka, mengunjungi pusat perbelanjaan seperti mall, pasar tradisional, pasar-pasar khas yang menjajakan hasil-hasil daerah setempat merupakan hal yang bisa memanjakan Anda. Minimal Anda bisa melihat barang-barang unik tanpa harus membelinya. Namun jika berminat, membeli barang-barang yaitu aktivitas berbelanja merupakan salah satu cara menikmati suasana perkotaan.

Wisata di Waktu Pagi, Siang, Sore, dan Malam

Sebuah kota layaknya kehidupan manusia, selalu hidup di seluruh fase waktu. Salah satu tips wisata kota yang bisa Anda terapkan adalah memilih satu waktu spesifik untuk mendapatkan pengalaman wisata dalam kota. Anda bisa mengunjungi objek di dalam kota yang ikonik di kala malam. Anda juga bisa berwisata kuliner dengan menyantap makanan yang hanya muncul di waktu pagi. Selalu ada sisi menarik dari kehidupan di sebuah kota.

Demikian beberapa informasi dan ulasan mengenai alternatif wisata kota yang bisa Anda lakukan. Masih banyak alternatif lainnya yang bisa Anda coba selama berkesempatan untuk melakukan perjalanan wisata. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus menyimak informasi dan tips wisata lainnya di halaman kami.