Hari libur merupakan salah satu jawaban setelah selama ini disibukkan dengan aktivitas sehari-hari yang padat dan terkadang membuat stress. Bagaimana Anda akan menghabiskan liburan Anda? Sebenarnya ada beberapa alternatif. Beristirahat di rumah misalnya. Beristirahat dirumah bisa membantu Anda untuk kembali merefresh tenaga dan pikiran Anda. Cara lainnya adalah merasakan kehangatan berkumpul bersama keluarga. Ini bisa sejenak mengalihkan pikiran yang selama ini dipenuhi dengan tugas dan target-target sejenak diistirahatkan dengan bercengkrama bersama keluarga. Alternatif selanjutnya dan menjadi favorit banyak orang adalah berwisata. Meski tidak bisa dinyatakan bahwa berwisata bisa mengistirahatkan fisik Anda, karena membutuhkan tenaga juga, namun tetap saja berwisata memberikan sensasi yang luar biasa dibandingkan aktivitas fisik ketika bekerja.

Beragam jenis cara dapat dilakukan oleh banyak orang untuk berwisata ke sebuah tempat. Wisata backpacker menjadi tren wisata baru di era dimana perpindahan manusia antara satu negara dengan negara lain mudah dilakukan. Selain murah, mobilitas tinggi dari cara wisata backpacker membuat cara ini banyak dipilih terutama bagi yang ingin memiliki pengalaman baru tak terlupakan serta bagi para petualang atau penghobi berpetualang. Untuk membuat liburan Anda sukses, Anda dapat menyimak beberapa tips wisata backpacker berikut ini.

1. Tujuan wisata

Jika Anda baru pertama kali berwisata backpacker sebaiknya memilih destinasi wisata dalam negeri. Pilihlah kota-kota di Indonesia yang menawarkan beragam wisata. Jangan lupa untuk terlebih dahulu melakukan perencanaan mengenai tempat wisata mana yang akan dikunjungi.

2. Akses dan transportasi

Pastikan Anda telah mengetahui jenis transportasi yang akan Anda gunakan. Perhatikan juga kualitas akses terhadap destinasi wisata yang Anda pilih.

3. Perbekalan

Wisata backpacker adalah wisata murah dengan mobilitas tinggi. Jangan hamburkan uang Anda untuk membeli makanan yang tidak dibutuhkan. Persiapan perbekalan dengan menyimpan makanan yang mudah dimakan di perjalanan. Jangan mengkonsumsi makanan yang akan menghambat mobilitas Anda.

4. Penginapan dan fasilitas penunjang lainnya

Jika Anda merencanakan untuk berpindah ke banyak tempat dalam satu sesi liburan, maka Anda wajib mencari fasilitas seperti penatu (laundry). Jika memungkinkan, pilihlah penginapan yang memberikan fasilitas tersebut atau dekat dengan penyedia layanan tersebut.

Obyek Wisata Air Terjun Kedung Kayang, sumber ig anthonygambala

Obyek Wisata Air Terjun Kedung Kayang, sumber ig @anthonygambala

5. Batasi barang bawaan Anda

Mobilitas adalah hal yang utama ketika berwisata backpacker. Jangan membawa barang atau biasanya pakaian yang tidak perlu. Kelebihan beban akan sangat membatasi mobilitas. Semakin efisien jumlah barang yang Anda bawa, semakin mudah Anda untuk menikmati wisata backpaker ini, karena akan semakin mudah bagi Anda untuk berpetualang menikmati tempat-tempat wisata yang Anda kunjungi.

6. Adaptasi

Karena berpindah lokasi atau daerah dengan cepat, Anda harus mudah beradaptasi dengan karakterstik suatu daerah. Bukan hanya bahasa atau budaya tetapi cuaca juga harus Anda perhatikan. Oleh karena itu ketahuilah mengenai daerah yang akan Anda kunjungi, apalagi jika Anda berencana untuk diam lebih lama di daerah tersebut.

Wisata Backpacker Murah Tidak Boleh Abaikan Keamanan

Meskipun termasuk dalam jenis wisata murah, Anda tidak boleh melakukan wisata backpacker secara asal-asalan. Selain menyimak tips wisata backpacker di atas, Anda juga diharapkan menyimak 3 hal yang harus dipersiapkan secara matang.

1. Anggaran dan perizinan

Pastikan Anda berangkat dengan anggaran wisata yang matang. Jangan mentang-mentang liburan murah, Anda asal-asalan dalam hal keuangan ketika pergi. Persiapkan anggaran untuk hal-hal yang tidak terduga. Anda juga harus menyiapkan beragam izin atau dokumen jika bepergian ke tempat tertentu.

2. Keamanan

Selalu prioritaskan hal ini ketika Anda ber-backpacker. Jangan melakukan tindakan-tindakan bodoh yang akan mengancam keselamatan Anda. Hindari berkunjung atau berwisata ke tempat-tempat yang tingkat keamanannya sedang buruk.

3. Kesehatan

Karena Anda akan banyak menghabiskan waktu Anda di luar ruangan, pastikan kondisi fisik Anda dalam kondisi yang prima. Siapkan obat-obatan dan atau suplemen yang akan menunjang kualitas kesehatan Anda ketika berlibur. Wisata backpacker adalah jenis wisata yang menuntut ketahanan tubuh yang tinggi dan tenaga yang cukup besar.

Demikian ulasan dan informasi mengenai wisata ala backpacker yang bermanfaat. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda untuk mencoba atau lebih memahami bagaimana sebaiknya jika memilih berwisata ala backpacker. Demikian, jangan lupa menyimak ulasan menarik lainnya mengenai info, tips dan review wisata di halaman kami.