Jika Anda memilih memanfaatkan waktu berliburan dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata ke luar daerah, Anda harus mempersiapkan rencananya dengan matang. Dengan membuat rencana yang matang diharapkan liburan bisa dirasakan manfaatnya. Pikiran kembali fresh setelah sehari-hari sibuk dengan pekerjaan dan tubuh kembali bugar. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan seperti target obyek wisata, perlengkapan sehari-hari, biaya dan hal-hal lainnya yang perlu dipersiapkan. Menurut rencana Anda, alternatif trasnportasi apa yang akan Anda pilih untuk mengunjungi tempat wisata pilihan Anda? Jika masih bingung, mungkin jasa bus wisata bisa menjadi pilihan yang tepat. Semua bergantung rencan yang telah Anda tetapkan.

Jika Anda memilih untuk menikmati perjalanan kunjungan wisata Anda bersama jasa bus wisata, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Seperti bagaimana seandainya Anda ingin memanfaatkan perjalanan untuk beristirahat atau tidur. Tidur di bus tidak selalu mudah, terlebih jika mendapatkan kursi yang sempit dan melewati jalan berliku. Lingkungan yang bising dan mengganggu juga dapat membuat Anda menjadi mual. Ya, Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di bus. Tapi tenang saja, Anda bisa mencoba tips nyaman untuk tidur di kendaraan bus wisata yang akan diulas di bawah ini.

Memang sulit untuk mendapatkan kenyamanan tidur di bus jika dibandingkan dengan tidur di kamar Anda ketika naik bus. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda mendapatkan tidur sebaik mungkin saat Anda naik bus. Berikut beberapa tips nyaman tidur di bus.

6 Tips Nyaman Tidur di Bus

1. Pastikan barang berharga Anda aman sebelum Anda tertidur

Jangan menyimpan dompet atau ponsel di kompartemen atas tempat duduk Anda, karena seseorang dapat dengan mudah mengambilnya saat Anda sedang tidur. Sebaiknya, simpan barang berharga Anda di bawah pakaian Anda dan ikatkan tali tas Anda di lengan Anda, sehingga Anda akan bangun jika ada yang mengambilnya.

2. Bawa headset dan masker mata

Jauh lebih mudah untuk tertidur jika keadaannya tenang dan gelap. Anda bisa tidur dengan nyaman sambil membawa headset untuk mendengarkan musik. Masker mata juga akan membantu Anda lebih lelap tertidur, terlebih jika Anda melakukan perjalanan malam. Ada beberapa penumpang yang akan menyalakan lampu jika hendak menuju ke kamar mandi. Anda tidak mau terganggu dengan sorot cahaya lampu yang suka nyala dan padam tanpa diduga bukan?

3. Tidur dengan Posisi Tegak

Sleeper Bus, sumber ig iboozhan

Sleeper Bus, sumber ig @iboozhan

Jika Anda cukup beruntung memiliki tempat duduk kosong di samping Anda, yang memungkinkan Anda berbaring, maka Anda bisa berbaring. Namun jika tidak, Anda harus tidur dalam posisi duduk. agar tidak jatuh ketika mendadak bus melakukan rem. Biarkan otot-otot Anda serileks mungkin. Jangan sampai tujuan dari tidur yaitu beristirahat malah menjadikan tubuh Anda serasa pegal dan capek. Tentu ini akan mengurangi kenikmatan wisata Anda.

4. Bawa Bantal leher

Tips nyaman untuk tidur di kendaraan bus wisata adalah dengan membawa bantal leher. Bantal leher bisa berguna, karena tekstur bantalnya yang lembut dan mampu menopang kepala Anda, dan membantu Anda bersantai. Bantal leher juga membantu mencegah Anda jatuh atau tanpa sengaja meneteskan air liur.

5. Datang Lebih Awal

Datanglah ke terminal bus lebih awal sehingga Anda bisa mendapatkan tempat duduk di dekat jendela, dan bersandar di jendela untuk bisa tidur lebih nyaman. Atau sedikit berbeda jikan tempat duduk harus menyesuaikan ketika reservasi. Jika demikian, Anda bisa request untuk mendapatkan posisi tempat duduk yang nyaman untuk tidur di atas bus selama perjalanan wisata.

6. Bawa Jaket atau Syal

Tidak seperti di mobil Anda, Anda tidak dapat mengubah suhu bus, dan jika Anda tidak nyaman dengan dinginnya AC bus, maka hal itu dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Tips nyaman untuk tidur di kendaraan bus wisata adalah pakai jaket atau syal untuk menghangatkan badan Anda. Tidur dalam keadaan dingin akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba untuk bisa beristirahat selama dalam perjalanan wisata di atas bus. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu waspada dimanapun Anda berada. Simak juga artikel lainnya tentang wisata jogja di halaman kami. Selamat berwisata!