Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menikmati liburan. Aspek yang perlu diperhatikan ketika berliburan adalah perlengkapan, biaya dan transportasi. Untuk perlengkapan, tentu saja harus dipikirkan matang-matang agar kelengkapan untuk menikmati wisata tujuan anda terpenuhi. Mengenai biaya, tentu saja tidak ada liburan yang tidak membutuhkan biaya. Namun masih ad acara agar berliburan dapat menghabiskan biaya sehemat mungkin. Yang terakhir masalah transportasi. Terkadang memang sebagian wisatawan tidak terlalu mempertimbangkan transportasi selama bisa menikmati liburan sesuai keinginannya. Tetapi apakah anda tidak ingin menikmati liburan dengan transportasi yang nyaman?

Berbicara masalah transportasi wisata, saat ini berbagai moda transportasi bisa menjadi pilihan. Terdapat transportasi darat, laut dan udara dengan variasi harga bermacam-macam bergantung pada tujuan, fasilitas dan faktor-faktor lainnya. Meskipun harga tiket pesawat atau kereta api saat ini sudah mulai murah, namun masih ada beberapa orang yang lebih menyukai travelling menggunakan bus. Tentu saja, beristirahat di atas bus yang jalannya bergelombang memang tidak mudah. Namun, Anda bisa menggunakan tips berwisata menggunakan bus yang akan diulas dalam artikel ini.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat perjalanan Anda menggunakan bus berjalan lancar, nyaman dan sampai di tujuan sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Berikut adalah kiat utama bagi Anda untuk bisa bertahan travelling ke kota-kota dengan menggunakan bus.

4 Tips Travelling Jauh Menggunakan Bus

1. Datanglah Lebih Awal ke Terminal

Tips pertama, jika Anda berhasil mendapatkan tiket dengan nomor kursi sesuai yang ditentukan, sebaiknya Anda tiba di stasiun bus lebih awal. Tapi jika Anda mungkin tidak mendapatkan bus sebelum jam keberangkatan, maka datanglah jauh lebih awal lagi untuk bisa mendapatkan nomor kursi yang Anda inginkan.

Sebab jika Anda membeli tiket di menit-menit keberangkatan bus, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan tempat di mana tidak ada orang yang ingin menghabiskan berjam-jam jam naik bus di sebelah toilet yang bau.

2. Jaga barang-barang berharga Anda

Tips berwisata menggunakan bus yang kedua, jagalah barang-barang Anda. Tidak ada orang yang akan mencuri kaus kaki kotor Anda, tetapi kamera, uang tunai, ponsel, dan laptop semuanya dapat menarik perhatian para pencuri. Pencuri selalu mengintai dan merampas barang-barang yang berharga milik Anda. Maka dari itu sembunyikan tas punggung atau koper yang berisikan barang berharga Anda di tempat-tempat yang aman, seperti bagasi atau bawah kursi.

Bus Pariwisata

Bus Pariwisata

Seringkali, wisatawan hanya memperhatikan bahwa ada sesuatu yang hilang ketika sudah sampai di tempat tujuan. Pada saat seseorang menyadari barangnya hilang, maka buspun juga sudah pergi menjauh. Maka dari itu, simpan tas Anda di area bagasi dan simpan barang-barang berharga Anda setiap saat. Jangan mudah mempercayai backpacker lain di samping Anda.

3. Bawalah Jaket dan Syal

Anda mungkin berkeringat pada saat mencapai terminal bus, tetapi jika sudah masuk ke dalam bus, maka Anda akan merasakan suasana yang dingin karena adanya alat pendingin udara di setiap bangkunya.

Bawalah jaket selama perjalanan dan pertimbangkan pula untuk membawa syal. Membawa syal dan jaket akan membuat perjalanan Anda lebih terasa nyaman dan hangat. Selain nyaman dan hangat, syal juga bisa berfungsi ganda sebagai penutup kepala yang bagus dan bisa Anda gunakan pula sebagai bantal yang nyaman. Jika Anda melakukan perjalanan yang jauh dan bahkan sampai bermalam di bus, maka jangan mengenakan celana pendek atau celana panjang berbahan jins.

4. Bawa camilan

Tips berwisata menggunakan bus yang terakhir adalah bawa camilan. biasanya perjalanan menggunakan bus memiliki jeda di sepanjang jalan, tetapi tidak ada jaminan bahwa bus berhenti di pinggir jalan yang disukai oleh pengemudi. Maka dari itu, siapkan persediaan minuman dan makanan ringan sebelum Anda pergi agar Anda tidak merasakan lapar saat perjalanan.

Demikian ulasan mengenai tips wisata menggunakan bus. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda, terutama jika belum mempunyai pengalaman sama sekali untuk menggunakan bus ketika berwisata. Simak artikel lain tentang wisata di sini. Selamat berwisata!