Ketika kita berada di jalan raya di seputaran Jalan Malioboro Jogja pasti akan berpapasan dengan bus penumpang dengan berbagai bentuk. Bus dengan bentuk dan model yang berbeda-beda itulah garapan dari perusahaan karoseri bus di Indonesia. Dan perusahaan karoseri bus di Indonesia sendiri ada bermacam-macam dan banyak berada di kota Malang.

Karoseri sendiri berasal dari bahasa perancis yaitu Carrosseries dan di dalam bahasa Inggris karoseri biasa di sebut autobody manufacturer. Dalam bahasa mudahnya perusahaan karoseri adalah perusahaan jasa pembuat body kendaraan.

Dikatakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dikarenakan perusahaan karoseri akan mengerjakan body kendaraan jika ada pesanan. Sehingga mereka tidak memproduksi body kendaraan untuk stok termasuk perusahaan karoseri bus di Indonesia. Dan pesanan yang dikerjakan oleh perusahaan karoseri hanya berupa body dan interior dari kendaraan saja.

Untuk masalah mesin, suspensi dan juga rangka chasis yang mengerjakan adalah pabrik asalnya. Biasanya perusahaan dari luar negeri mengirim ke indonesia hanya chasis dan mesinnya saja dan badannya dan juga interior sekaligus perakitan di buat di dalam negeri. Sehingga perusahaan karoseri tidak bertanggung jawab dalam hal mesin, chasis, suspensi dan lainnya yang selain body dan interior.

Karoseri Bus di Indonesia
Dreamliner keluaran karoseri New Armada. Sumber IG @newarmada

Perusahaan Karoseri Bus di Indonesia Yang Populer

Berikut ini perusahaan karoseri bus yang populer di Indonesia. Kita perlu berbangga dengan adanya perusahaan lokal yang mampu menciptakan bentuk kendaraan sendiri dan mampu mengekspornya keluar negeri.

PT Adi Putro

Perusahaan karoseri bus di Indonesia yang satu ini merupakan perusahaan yang telah berpengalaman puluhan tahun. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1973 di Singosari, Malang, Jawa Timur. Dan sampai saat ini masih konsisten melayani pembuatan badan bus dengan kualitas yang bagus.

Pada tahun 1983 PT Adi Putro telah membuat sistem pengecatan dengan oven sehingga kulitas cat yang dihasilkan oleh karoseri Adi Putro terjamin. Perusahaan inilah yang mula-mula menggagas standarisasi pembuatan body kendaraan. Maka tak heran jika karoseri ini memproduksi bus dengan kelas eksekutif.

Selain itu Adi Putro juga menggagas di buatnya kendaraan Colt penumpang. Mobil Mitsubishi T120 pada mulanya adalah kendaraan pick up dan oleh Adi Putro disulap menjadi kendaraan penumpang. Maka garapan Adi Putro berupa mobil penumpang Colt T120 mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat Indonesia.

PT Mekar Armada Jaya (New Armada)

Perusahaan karoseri ini berada di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Perusahaan yang dibangun pada 1974 ini telah berhasil membuat kndaraan yang layak untuk di ekspor. Tujuan ekspor dari perusahaan ini adalah Kenya, Bangladesh dan Suriname.

Perusahaan ini menawarkan jasa pembuatan badan bus dengan harga yang bersaing sehingga pelanggan dari perusahaan karoseri ini ada di berbagai tempat. Produk unggulan dari perusahaan ini adalah Highlander dan Paradise yang berupa Bus Double Deck atau bus tingkat dan juha Evolender Hingh Deck berupa bus dengan interior tinggi.

Karoseri Laksana

Karoseri ini pada mulanya adalah sebuah toko mesin otomotif. Dalam perkembangannya mereka berpindah lokasi dan membangun sebuah divisi baru di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah yang bergerak dalam bidang karoseri. Pekerjaan utamanya kala itu adalah mengerjakan Mitsubishi T120 Minivan. Karena pertumbuhan yang pesat maka karoseri ini semakin dikenal masyarakat.

Tahun 1990 karoseri Laksana mulai memproduksi big bus dengan produk unggulannya Panorama dengan berbagai varian seperti Panorama I, Panorama II dan Panorama DX. Berbagai perusahaan otobus menjadi pelanggan tetap dari karoseri Laksana diantaranya adalah PO Raya dan PO Sinar Jaya.

Dan diluar digaan, karoseri ini merupakan karoseri dengan jumlah produksi dengan varian terbanyak di Indonesia. Karoseri ini juga merambah ke pasar luar negeri dengan mengekspor hasil karyanya ke Kepulauan Fiji dan juga Bangladesh. Berbagai model bus telah diciptakan salah satu type bus andalannya adalah All New Legacy Sky yang merupakan type bus eksekutif ukuran besar.

Yang paling baru dari karoseri laksana adalah diproduksinya sleeper bus oleh karoseri Laksana dan dipamerkan pada pameran otomotif GIIAS 2019. pada pameran otomotif bergengsi ini karoseri Laksana mendapatkan pesanan 75 buah bus. Dan dari sinilah kita tahu bahwa Laksana merupakan salah satu karoseri bus di Indonesia yang membuat sleeper bus.

Karoseri Tentrem

Karoeri ini lahir dari PO Bus Tentrem yang beroperasi di Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu, pasca krisis moneter 1998 dunia karoseri dikejutkan dengan kehadiran karoseri baru yang berani berkreasi membuat bus dengan gaya antimainstrim. Dengan percaya diri karoseri Tentrem perlahan naik dan mampu bersaing dengan karoseri lainnya.

Pada tahun 2005 karoseri bus di Indonesia yang masih baru ini menggebrak dunia otobus dengan memproduksi Inspiro dan menyusul Galaxy pada tahun 2006. ternyata dengan keluarnya Galaxy pamor karoseri tentrem semakin melejit dan mulai banyak pesanan. Termasuk PO Hiba Utama yang merupakan perusahaan besar otobus juga memesan ke karoseri Tentrem.

Karoseri Tentrem semakin gencar melakukan inivasi dengan hadirnya Galaxy EXL. Karoseri ini memang beda dari karoseri lainnya yang cenderung bergaya Jerman dalam membuat desain busnya akan tetapi karoseri tentrem mengadupsi gaya Scania Swedia meskipun tidak sama persis.

Karoseri bus di Indonesia
Bus double deck keluaran terbaru karoseri Laksana. Sumber IG @laksanabus

Dan yang terbaru dari karoseri tentrem adalah Scorpion King dan selanjutnya muncuk varian yang lain yaitu Scorpion X. Karena inovasinya yang berani berbeda karoseri Tentrem mendapatkan sertifikat dari Mercedez Benz Indonesia sebagai karoseri yang memproduksi bus keluaran Mercedez Benz.

Demikian ulasan mengenai karoseri bus di Indonesia yang membuat kita bangga. Karoseri bus di Indonesia senantiasa berkembang dan berinovasi membuat bus ternyaman dan tercanggih. Karena memang pelayanan kepada penumpang merupakan hal yang utama bagi perusahaan sewa bus di Jogja.