Bus merupakan moda transportasi yang sangat populer di Indonesia. Sebagian besar masyarakat masih mengandalkan bus untuk bepergian ke tempat yang jaraknya jauh. Salah satu jenis bus yang sering digunakan untuk berpergian jarak jauh yaitu bus super high deck.

Banyak orang memilih menggunakan bus karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Beberapa alasannya adalah karena nyaman untuk perjalanan jarak jauh, memiliki kapasitas yang besar sehingga cocok untuk perjalanan berkelompok dan masih banyak lagi lainnya.

Apa Itu Bus Super High Deck?

Bus super high deck, Sumber: detik.com
Bus super high deck, Sumber: detik.com

Dengan sebutan yang menggambarkan dimensinya, bus super high deck (SHD) menonjol karena memiliki tinggi bodi yang mencapai kisaran 3,8 m hingga 3,9 m. Tentu saja ukuran tersebut telah mengungguli bus high deck (HD) yang hanya 3,4 m sampai 3,5 m saja.

Keunikan lain dari bus SHD adalah hadirnya “topi” atau penyekat kaca depan yang semakin memberi sentuhan gagah pada desainnya. Salah satu ciri khas yang membuat bus SHD semakin menarik adalah kapasitas bagasinya yang luas.

Selain memiliki ketinggian yang mencolok, bus SHD juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Maka tak heran jika bus SHD menjadi salah satu jenis bus pariwisata yang sangat diminati oleh para penumpang yang menginginkan kenyamanan selama di perjalanan.

Spesifikasi Bus Super High Deck Indonesia

Spesifikasi bus super high deck, Sumber: andarabus.com
Spesifikasi bus super high deck, Sumber: andarabus.com

Bus super high deck merupakan jenis bus yang mulai diperkenalkan di acara GIIAS tahun 2015 silam. Meskipun sudah 8 tahun berjalan, bus yang satu ini masih digemari oleh perusahaan-perusahaan otobus. 

Bagi Anda yang belum mengetahui secara detail bus super high deck, berikut ini adalah spesifikasi lengkapnya.

1. Dimensi Bus

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas bahwa bus super high deck memiliki tinggi sekitar 3,8 m sampai 3,9 m. Sedangkan panjangnya mencapai 12 m. Dengan kabin yang cukup tinggi tentunya bus yang satu ini memiliki bagasi yang lega. 

Selain itu super high bus dilengkapi dengan kaca ganda dan sekat pembatas. Hal tersebut membuat penumpang di kabin memiliki ruang yang jauh lebih luas. Dengan dimensi yang dimilikinya, super high deck bus mampu menampung penumpang sebanyak 59 orang. 

2. Chassis Bus

Chassis bus merupakan kerangka atau struktur dasar yang membentuk rangkaian utama armada bus. Chassis menjadi kerangka yang mendukung seluruh struktur dan komponen kendaraan termasuk mesin, roda, suspensi, transmisi, dan rem. 

Chassis dirancang untuk memberikan kekuatan, stabilitas, dan daya tahan yang diperlukan selama bus beroperasi. Oleh karena itu chassis terbuat dari baja yang kuat karena memainkan peran penting dalam menggerakkan kendaraan.

Bus super high deck pertama kali menggunakan chasis Scania K360iB. Setelah itu terus mengalami perkembangan hingga saat ini terdapat banyak sekali macam chassis bus SHD seperti chassis Mercedes Benz 2441 atau chassis Hino RK8.

3. Interior

Bagian interior bus super high deck dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman bagi penumpang. Ruang di dalamnya cukup luas, sehingga terasa lebih lapang dan terang. 

Kursi-kursi yang ergonomis dan berdesain modern telah dilengkapi dengan fasilitas penyangga kepala dan sandaran tangan. Hal tersebut bisa meningkatkan kenyamanan penumpang yang sedang menempuh perjalanan jarak jauh.

Untuk hiburan terdapat layar monitor lengkap dengan audionya. Sedangkan untuk konektivitas ada Wi-Fi dan plug in charger. Jadi Anda tetap bisa berbagi kegembiraan di media sosial tanpa harus takut kehabisan daya smartphone.  

4. Eksterior Bus

Bus super high deck (SHD) tampak lebih beda dari jenis bus lain karena kehadiran kaca ganda pada bagian depannya yang disebut “topi” atau “bando.” Fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman visual secara maksimal kepada penumpang selama perjalanan. 

Desain eksteriornya menonjol dengan gill yang ditinggikan, sehingga memberikan kesan yang lebih mencolok dibanding bus konvensional. Bus SHD menjadi pilihan favorit untuk kategori bus modern karena ruang bagasinya yang luas, baik di luar maupun di dalam.

Dengan kapasitas yang luas, bagasi tersebut mampu menampung barang bawaan penumpang dan rombongan dengan lebih banyak. Tampilannya yang gagah dan mewah dari bus ini membuatnya menjadi pilihan eksklusif untuk pengalaman perjalanan yang lebih istimewa.

5. Mesin 

Bus SHD ditenagai oleh mesin berkapasitas 12.000 cc yang dilengkapi dengan sistem triptonik untuk mengontrol persneling otomatis dan manual. Fitur auto speed memberikan fleksibilitas kepada pengemudi untuk menyesuaikan kecepatan dengan kebutuhan. 

Meskipun mampu menghasilkan tenaga besar, mesin bus super high deck tetap efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Jadi pengemudi memiliki kontrol yang lebih baik tanpa harus mengorbankan efisiensi bahan bakar. 

6. Fitur Keamanan

Bus SHD tentu saja dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mampu menunjang keamanan selama bus melakukan perjalanan. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah electronic braking system (EBS) dengan rem cakram, anti slip regulation (ASR) dan ABS. 

Fitur-fitur tersebut bisa membuat bus tetap stabil meskipun melaju dengan cepat atau sedang dalam posisi menikung. Bus juga telah dibekali dengan dek yang sangat tinggi dan peredam suara sehingga Anda tidak akan merasakan kebisingan. 

Sewa Bus di Jogja Rafira

Sewa bus Jogja di Jogja Rafira, Sumber: jogjarafira.com
Sewa bus Jogja di Jogja Rafira, Sumber: jogjarafira.com

Jelajahi keindahan Jogja dengan kenyamanan maksimal bersama Jogja Rafira. Kami merupakan perusahaan jasa sewa bus Jogja yang menyediakan berbagai armada bus yang eksklusif. 

Kami didukung oleh para pengemudi berpengalaman dan fasilitas lengkap sehingga perjalanan Anda akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi? Rencanakan perjalanan Anda sekarang bersama Jogja Rafira. 

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan bus Anda bisa hubungi kami melalui chat WhatsApp di nomor yang tertera di website ini.